HEADLINE

Jasad Ilham Ditemukan Nelayan

×

Jasad Ilham Ditemukan Nelayan

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN — Seorang nelayan berhasil menemukan satu korban hilang saat terbaliknya speedboat penumpang di perairan Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (19/8/21) pagi.

Korban bernama Ilham (3), ditemukan pada hari ke tiga sekitar pukul 06.30 WIB, mengapung dalam keadaan meninggal dunia sekitar 1,8 namo meter dari lokasi awal kejadian

Kapolres Bangka Selatan AKBP Joko Isnawan, melalui Kasat Polair Bangka Selatan AKP Slamet Riyadi mengatakan, nelayan asal Dusun Pengaram, Kecamatan Tukak Sadai itu hendak melaut. Namun pada saat melintas sekitar Pulau Tinggi pada titik koordinat 02°58″460′ S 106°43″214′ E, nelayan tersebut melihat mayat yang mengapung.

“Mendapat informasi dari masyarakat bahwa ada nelayan yang menenukan mayat diseputaran antara Pulau Tinggi dengan Tanjung Gibang, Tim SAR Gabungan yang berada di Posko langsung menuju perairan lokasi untuk melakukan evakuasi. Saat ini jenazah sudah dibawa kerumah duka di Dusun Simpang Tiga, Desa Penutuk, Kecamatan Lepar,” kata dia dikonfrimasi Kabarbangka.com.

Slamet Riyadi menambahkan, pencarian dinyatakan ditutup setelah satu korban dalam pencarian ditemukan oleh seorang nelayan, dan dievakuasi Tim SAR gabungan.

Unsur yang terlibat yaitu Kansar Pangkalpinang, Unit Siaga SAR Toboali, TNI AL Bangka Selatan, Direktorat Polairud Polda Babel, Polairud Bangka Selatan, Dishub Basel, BPBD Bangka Selatan, Tagana Basel, Laskar Sekaban, keluarga korban serta masyarakat setempat.

“Pada pukul 09.35 WIB, Tim SAR gabungan melakukan debriefing, selanjutnya OPS SAR diusulkan untuk ditutup dan unsur yang terlibat di kembalikan kesatuan masing masing dengan ucapan terima kasih,” imbuh AKP Slamet Riyadi.

Diberitakan sebelumnya, Tim SAR Gabungan masih berupaya mencari Ilham, korban Speedboat yang terbalik dan tenggelam peraian Sadai, Kabupaten Bangka Selatan. Namun hingga hari kedua, Rabu (18/8) petang, korban belum ditemukan.

“Upaya pencarian korban Ilham hingga sore tadi kita hentikan sementara dengan hasil belum ditemukan. Area pencarian hari ini seluas 10 NM dengan tiga sektor,” kata Kepala Basarnas Pangkalpinang, Fazzli, melalui Kepala Subseksi Operasi dan Siaga Pencarian dan Pertolongan, Kantor Pencarian dan Pertolongan Kelas B Pangkal Pinang, Danu Wahyudi.

Menurut Danu, pencarian ini akan dilakukan hingga hari ketujuh. Dalam pencarian tim SAR gabungan dibagi ke dalam beberapa regu pencarian dan untuk upaya pencarian terhadap korban akan dilanjutkan pada esok hari Kamis (19/8/2021) pagi.

“Tim SAR gabungan dengan sejumlah peralatan yang disiapkan telah melakukan penyisiran di sekitar lokasi speedboad terbali menggunakan perahu dengan hasil pencarian masih nihil,” tutur Danu Wahyudi.

Diketahui, kecelakaan laut terjadi di Penutuk menuju Sadai, Kabupaten Bangka Selatan, terbalik pada Selasa (17/8/21), sekitar pukul 09.30 WIB. Speedboat yang bermuatan 1 pengemudi dan 4 penumpang yang masih 1 keluarga terbalik, saat hendak menuju Sadai, Kecamatan Tukak Sadai. Akibatnya seorang penumpang hilang dan 3 berhasil selamat.

Adapun identitas yang selamat yaitu pengemudi speed boat atas nama Fauzi als Kojek (27), warga Desa Penutuk, Kecamatan Lepar Pongok, Irwanatono (25), Sundari (20), Alfin (8 bulan) dan Ilham (3) masih dalam pencarian. (Yusuf)