HEADLINEKABAR DPRD

Jawarno Sosialisasikan Perda Nomor 4/2019

×

Jawarno Sosialisasikan Perda Nomor 4/2019

Sebarkan artikel ini

BANGKA — Ketua Komisi IV, H. Jawarno mengatakan, penyebarluasan perda guna memberikan pemahaman atau edukasi kepada masyarakat tentang bagaimana hak dan kewajiban masyarakat sebagai pelaku di dunia kerja, baik itu tenaga kerja maupun pemilik usaha.

Demikian dikatakan Jawarno, sosialisasi Perda Nomor 4 Tahun 2019 Tentang Penyelenggaraan Ketenagakerjaan kepada para pemuda – pemudi di Wisma Aksi Desa Kace, Kecamatan Mendo Barat, Sabtu (11/9).

“Masyarakat harus mengerti hak-hak atau kewajiban mereka selaku tenaga kerja, atau sebaliknya hak dan kewajiban pemilik usaha terhadap tenaga kerjanya,” kata Jawarno.

Diungkapkan Jawarno, dia memilih penyebaran Perda tentang Ketenagakerjaan, karena berdasarkan data BTS, angka pengangguran di Bangka Belitung masih. Salah satu permasalahan para pencari kerja tersebut, yakni kurangnya informasi tentang lowongan kerja.

Kepada pencari kerja, Jawarno berharap untuk aktif mencari informasi terkait lowongan kerja, bukan hanya melalui media cetak tapi juga website-website, seperti website yang ada di Dinas Ketenagakerjaan.

“Kepada para pencari kerja untuk aktif mengakses website melalui android yang mereka miliki, semuanya ada ditangan mereka. Jadi, gunakanlah android itu dengan pintar,” imbaunya.

Kepala Dinas ketenagakerjaan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Elfyana menjelaskan, keterampilan atau kemampuan harus dimiliki oleh setiap pencari kerja, sesuai kebutuhan yang minta oleh dunia kerja.

“Informasi terkait loker juga sangat membantu para pencari kerja. Sekarang kami memiliki website Dinas Ketenagakerjaan, juga menyediakan informasi Lowongan Kerja yang sudah sesuai kebutuhan perusahaan-perusahaan,” ungkapnya.

Website ini, lanjut Elfyana, membantu para pencari kerja yang sesuai dengan kebutuhan atau keahlian. Dia mempersilahkan para pencari kerja untuk mengakses tentang lowongan kerja di website Dinas Ketenagakerjaan itu.

“Dinas Ketenagakerjaan juga menyediakan BLKI untuk pelatihan terhadap calon pencari kerja, maupun calon pembuka lapangan kerja baru,” kata dia. (*)

Sumber : Publikasi Setwan

READ  Berkunjung Sekaligus Bertukar Pikiran