BANGKA SELATANHEADLINE

Jelang Perayaan Nataru, Satgas Covid-19 Ingatkan Taati Prokes

×

Jelang Perayaan Nataru, Satgas Covid-19 Ingatkan Taati Prokes

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN – Juru Bicara Satuan Tim Tugas Penanganan Covid-19 Kabupaten Bangka Selatan, Supriyadi mengimbau kepada masyarakat Kabupaten Bangka Selatan agar dalam perayaan Natal dan tahun baru 2021 tetap mengikuti protokol kesehatan.

“Kami berharap semua pihak betul-betul mematuhi protokol kesehatan, melaksanakan arahan pemerintah, membangun kesadaran dan disiplin kolektif. Pengalaman bahwa setiap libur panjang selalu berisiko terjadi peningkatan kasus Covid-19, harus jadi perhatian,” ujarnya kepada Kabarbangka.com, Selasa (7/12/21).

Dijelaskan Supriyadi, berdasarkan Surat Edaran Menteri Agama RI nomor 31 trahun 2021 tentang pencegahan dan penanggulangan Covid-19 pada saat perayaan Natal tahun 2021, perayaan Natal pada saat Pandemi Covid-19 dilaksanakan pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan di gereja/tempat yang difungsikan sebagai tempat ibadah.

“Dilaksanakan pengetatan dan pengawasan protokol kesehatan di gereja atau tempat yang difungsikan sebagai tempat ibadah dengan memberlakukan kebijakan sesuai dengan pelaksanaan pembatasan kegiatan masyarakat atau PPKM level 3,” ungkapnya.

Supriyadi yang juga menjabat Kepala Dinas Kesehatan ini juga mengingatkan semua pihak untuk mulai mengantisipasi mobilitas jelang libur akhir tahun. Menurut dia, belajar dari pengalaman libur panjang selama pandemi Covid-19, kelalaian protokol kesehatan maupun kurang terkendalinya mobilitas dapat memicu lonjakan kasus Covid-19.

“Pemerintah tidak melarang masyarakat menjalankan kegiatan di akhir tahun, hanya saja aspek kehati-hatian harus tetap menjadi pedoman masyarakat dalam berkegiatan agar kasus Covid-19 yang sudah baik saat ini tetap terkendali,” kata Supriyadi.

Selain itu, masyarakat diminta berinisiatif melakukan testing atau pengobatan Covid-19, jika merasakan gejala mirip Covid 19. Hal ini bertujuan untuk mencegah penularan karena terdeteksi lebih cepat dan juga demi meningkatkan angka kesembuhan karena ditindaklanjuti lebih cepat.

“Dan hal yang terpenting adalah jangan lupa pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan, hindari tempat keramaian dan lainnya. Ini demi upaya pencegahan penyebaran Covid-19 di wilayah Kabupaten Bangka Selatan,” tutupnya. (Yusuf)