HEADLINERAGAM

Jurnalis ” Baku Tembak ” Gunakan Senapan Serbu

×

Jurnalis ” Baku Tembak ” Gunakan Senapan Serbu

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Dalam rangka Hari Ulang Tahun Korem 045 Garuda Jaya, Kodim 0431 Bangka Barat melaksanakan latihan menembak bersama Forkopimda dan sejumlah awak media di Lapangan Tembak Kompi B Yonif 141/AYJP di Jalan Argotirto Kelurahan Sungai Daeng, Muntok, Selasa ( 15/6 ).

Kasdim 0431/BB, Mayor Arm K. Gurusinga dan Kapten Sutarman bertindak sebagai instruktur, memberikan pengarahan kepada para peserta, diantaranya, Kabid Sekretariat Unmet PT. Timah Tbk, Arif Yudianto
para wartawan serta undangan lainnya.

Senjata yang digunakan, senapan serbu SS1 V1 buatan Pindad. Jarak tembak ke sasaran sejauh 100 meter. Para peserta diberikan 13 butir amunisi, 3 tembakan pertama untuk koreksi dan 10 berikutnya untuk penilaian.

Kasdim 0431/BB, Mayor Arm K. Gurusinga meminta para peserta untuk mengikuti arahan Kapten Sutarman yang sebelumnya sudah memberikan instruksi.

Menurut Kasdim, bila intruksi tersebut diikuti dengan benar, ia yakin para peserta akan dapat mengenai sasaran.

” Pesan saya ikuti petunjuk pelatih sesuai aba – aba yang diperintahkan. Kalau belum ada perintah senjata jangan dikutak – katik. Nanti di setiap lajur ada pengawasnya dan ikuti petunjuk Pibak atau Pemimpin Tembak. Jangan sampai tidak mengikuti prosedur. Selamat menembak, ini kesempatan yang langka, nikmati saja,” jelas Gurusinga.

Para jurnalis yang kesehariannya bergelut dengan kamera dan handphone android, kali ini berkesempatan mencoba ” mainan anggota TNI ” tersebut. Kendati ragu – ragu, Ika Indriani Sari dari Okeyboz, Chamcie dari KABARBANGKA.COM, Rizky dari Bangka Pos, Cahyo dari Babel Pos, Oma Kisma dari Laspela, Tehan dari Star TV 7 Online serta Rama dari Inews ikut mendaftarkan diri. Sedangkan Prima dari Tinta Rakyat tidak tertarik dan hanya menyaksikan.

Meskipun baru kali pertama memegang senjata laras panjang, Rizky, Oma, Cahyo, Tehan dan Ika mampu mengenai sasaran. Sementara Rama hanya mampu menyarangkan satu butir dari 13 peluru ke sasaran karena gugup. Sementara Chamci belum mendapatkan kesempatan untuk unjuk kebolehan terbentur waktu istirahat makan siang.

” Alhamdulillah bisa ikut bagian dari kegiatan latihan menembak yang diselenggarakan Kodim 0431/Babar kali ini, semoga sinergitas Kodim dengan awak media dapat terus terjalin baik, dan saya juga ucapkan Selamat HUT Korem 045/Gaya, semoga sukses selalu,” ujar Ika Indriani Sari.

Dandim 0431 Bangka Barat, Letkol Inf. Agung Wahyu Perkasa mengatakan, kegiatan menembak ini merupakan latihan rutin yang biasa dilakukan per triwulan guna mengasah kemampuan menembak para anggotanya, namun kali ini melibatkan Forkopimda dan awak media.

” Kegiatan Latbak Jatri TW III dilaksanakan untuk mengasah kemampuan prajurit Kodim 0431 Bangka Barat, kali ini kita laksanakan dengan melibatkan Forkopimda dan awak media untuk memperkenalkan jenis senjata dan penggunaannya,” jelas Agung.

Menurut Agung, latihan yang dilaksanakan secara periodik ini selain untuk mengasah keterampilan dan kesiapan personel, juga merupakan media silaturahmi, sinergitas serta kekompakan antara anggota Kodim.

” Kita harapkan melalui Latbak ini, prajurit Kodim 0431 Bangka Barat semakin fokus dan lebih optimal dalam menjalankan tugas – tugasnya, sekaligus meningkatkan kesiapan operasional TNI AD dalam respon setiap kemungkinan terjadi dinamika di wilayah Bangka Barat,” tutup dia. ( SK )