oleh

Kades Diminta Jalankan Tata Cara Penganggaran Dengan Baik

BANGKA SELATAN — Bupati Bangka Selatan, H Riza Herdavid, mengingatkan para Kepala Desa agar dalam menjalankan roda pemerintahan desa, selalu memperhatikan prinsip tata kelola pemerintahan yang baik.

Hal tersebut ditegaskan Riza, saat membuka bimbingan teknis manajemen pelayanan publik dan tata cara penggunaan penatausahaan serta pertanggungjawaban belanja terkait penanganan Covid-19 bagi aparatur pemerintahan desa di Luminor Hotel Jakarta, Kamis (1/4/21).

“Dengan lahirnya Undang-Undang Nomor 6 tahun 2014 Tentang Desa, serta Peraturan Pemerintah maupun Peraturan Menteri Dalam Negeri, diharapkan dapat lebih memberikan kepastian hukum dalam mengelola desa,” kata dia.

Karena itu, lanjutnya, agar kedepan dituntut harus mempunyai kualitas sumber daya manusia yang mampu melaksanakan tugas dan kewenangan masing-masing secara optimal, kreatifitas dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat desa.

Orang nomor satu di Negeri Junjung Besaoh ini, juga meminta agar Kepala Desa memahami tugas pokok dan fungsi masing-masing, dan terus belajar memahami setiap peraturan perundang-undangan yang berlaku.

“Lalu, kepala desa agar dapat bekerjasama dengan Badan Permusyawaratan Desa, serta memfungsikan setiap Perangkat Desa sesuai dengan peraturan yang berlaku. Dana Desa agar bisa digunakan dengan transparan, serta membuat pertanggungjawaban Keuangan Desa,” tandas Riza.

Bimtek yang diikuti 46 Kepala Desa ini akan dilaksanakan hingga tanggal 3 April 2021 mendatang bertujuan untuk peningkatan wawasan serta kapasitas pemerintahan desa dalam tata pemerintahannya.

Hadir dalam bimtek Ketua DPRD Basel, Erwin Asmadi, narasumber bimtek yaitu Kajari Basel, Mayasari yang diwakili Kasi Intelijen, Dody Prihatman Purba, Kapolres Basel AKBP Agus Siswanto, Kepala DSPAPPMD Basel, Herman. (Yusuf)

Komentar

Tinggalkan Balasan