oleh

Kapolres, Pemda Babar dan TNI Gotong – royong Pungut Sampah di Pantai Batu Berani

BANGKA BARAT – Polres Bangka Barat, Pemda Bangka Barat, unsur TNI, Satpol PP dan Bhayangkari bergotong – royong membersihkan sampah di kawasan wisata Pantai Batu Berani, ( Pantai Asmara ) Tanjung Kalian Muntok, Kamis ( 21/2/2019 ) pagi.

Kegiatan tersebut dilakukan dalam rangka memperingati Hari Peduli Sampah Nasional ( HPSN ) yang mengusung tema ” Kelola Sampah Dengan Hidup Bersih, Sehat dan Bernilai”.

Dibantu tim dari Badan Lingkungan Hidup Daerah ( BLHD ) Bangka Barat, Kapolres Bangka Barat, AKBP Firman Andreanto beserta anggota dan semua hadirin ikut memungut sampah, terutama sampah plastik yang ada di sekitar pantai.

Dalam apel yang digelar sebelum kegiatan dimulai, Kapolres Bangka Barat, AKBP Firman Andreanto membacakan amanat Kapolda Bangka Belitung, mengungkapkan latar belakang peringatan HPSN.

” Peringatan ini muncul atas desakan sejumlah pihak untuk mengenang peristiwa Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi tanggal 22 Februari 2005, dimana sampah dapat
menjadi mesin pembunuh yang merenggut nyawa lebih dari seratus jiwa,” kata Kapolres.

Penyebab kejadian itu, sebut Kapolres,
karena curah hujan yang tinggi dan ledakan gas metana pada tumpukan sampah mengakibatkan 125 ribu nyawa melayang dan dua kampung hilang dari peta karena tergulung longsoran sampah dari Tempat Pembuangan Akhir ( TPA ).

AKBP Firman Andreanto melanjutkan, terkait hal itu, Pemerintah RI telah menargetkan Indonesia akan bebas sampah pada tahun 2020, dan HPSN dijadikan momentum untuk membangun kesadaran kolektif tentang pentingnya menjaga kebersihan lingkungan dan pengelolaan sampah dengan menerapkan sistem 3R, Reuse, Reduce dan Recycle.

Kapolres menyampaikan beberapa penekanan Kapolda Bangka Belitung guna mewujudkan Indonesia Bebas Sampah tahun 2020.

Penekanan tersebut yaitu, pertama, Kapolda Bangka Belitung memerintahkan jajaran Polda Babel untuk bersinergi dengan para stake holder di wilayah masing – masing dalam rangka mendukung kegiatan ini.

” Yang kedua, saya berharap peran aktif kita, semua, termasuk peran instansi terkait, para tokoh pemuda, tokoh agama, tokoh masyarakat dan seluruh masyarakat Provinsi Babel untuk mendukung pelaksanaan kegiatan ini dan ini kiranya dapat di sosialisasikan,” ucap Kapolres.

Sedangkan point ketiga, Kapolda mengingatkan untuk selalu menanam kesadaran dalam diri sendiri untuk selalu hidup bersih dan menjaga kebersihan.” Hal ini hendaknya dapat ditularkan kepada lingkungan keluarga dan masyarakat sekitarnya,” kata AKBP Firman Andreanto.

Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka Barat, H. Yunan Helmi yang turut hadir dalam kegiatan ini mengapresiasi kegiatan pembersihan sampah yang digagas Polres Bangka Barat ini.

” Kita sangat mengapresiasi lah terhadap kawan – kawan dari Polres, Polda dari Polri. Acara ini kan supaya pantai ini bersih dari sampah, dan sampah ini memang tanggung jawab kita semua lah, tanggung jawab masyarakat, stake holder, kawan – kawan di Polda, Polres, kami di Pemda Bangka Barat, kemudian Dandim, semua lah kita, dan masyarakat yang utama. Masyarakat ini, yah kepedulian dan rasa ingin pantainya bersih terus. Karena plastik ini berbahaya sekali dan terurainya lama sekali,” ungkap Yunan. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed