oleh

Karyawan PT Timah Gelar Sholat Gerhana

PANGKALPINANG — Karyawan PT Timah Tbk menggelar Sholat Gerhana di Masjid Al Yusro Kantor Pusat PT Timah, Kamis (26/12/2019) siang.

Sebagaimana diketahui, Gerhana Matahari Cincin adalah fenomena saat terhalangnya hampir semua bagian tengah piringan Matahari oleh piringan Bulan. Terdapat 25 titik wilayah Indonesia akan dilintasi fenomena alam tersebut, teramsuk wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Suparta, yang bertindak sebagai imam pada Sholat Gerhana itu, terlebih dahulu menjelaskan tata cara Sholat Gerhana Matahari. Saat itu matahari telah tertutup sedikit, sehingga suasana siang tadi menjadi agak gelap. Barulah setelah itu, ia pun mendirikan sholat sunat dan naik ke mimbar, untuk berkhutbah seperti khutbah sholat Jum’at.

Dalam khutbahnya, Suparta menjelaskan, jika fenomena alam ini merupakan tanda -tanda kebesaran Allah sebagai penguasa alam semesta dan isinya, mampu menghilangkan bumi, matahari atau bulan dalam sekejap.

“Tanda -tanda kebesaran Allah baik bumi, matahari dan bulan, itu berada dalam genggaman Allah. Kapan saja Allah mau, dia bisa menghilangkan,” kata dia.

Suparta pun mengingatkan, jika dalam tata surya, bumi adalah planet kecil. Karena masih ada planet yang lebih besar, 100 juta hingga 1 miliar lebih besar dari bumi. Sehingga tidak layak jika manusia sebagai makhluk sempurna, tidak bertasbih kepada Allah. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed