BANGKA BARATHEADLINE

Kasus Covid-19 Bangka Barat Tembus Angka 314, Sembuh 290

11
×

Kasus Covid-19 Bangka Barat Tembus Angka 314, Sembuh 290

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Kasus Covid – 19 di Bangka Barat sudah menembus angka 314 orang, namun tingkat kesembuhan juga tinggi. Data per Kamis ( 18/2/2021 ), jumlah pasien yang sembuh sebanyak 290, sementara yang masih diisolasi sebanyak 20 orang.

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Bangka Barat, M. Putra Kusuma mengatakan, hari ini terjadi penambahan 6 kasus baru. Keenam orang tersebut yaitu, DP ( 38 )/P, WK ( 36 )/L, PI ( 31 )/L, RO ( 27 )/P, YK ( 37 )/P dan MP ( 35 )/L. Lima orang berasal dari wilayah kerja ( wilker ) Kecamatan Muntok dan satu pasien dari wilker Desa Puput, Kecamatan Parittiga.

” Para pasien tersebut terlaporkan dari wilker Muntok 5 orang dan wilker Puput 1 orang. Untuk di wilker Puput sudah selesai masa isolasinya karena waktu tunggu sudah melebihi masa isolasi,” jelas Putra, Kamis ( 18/2 ).

Putra mengatakan, penularan bisa terjadi di dalam ruangan yang ventilasinya tidak memenuhi standard sehingga sirkulasi udara di ruangan kurang baik. Hal itu seringkali diabaikan.

” Jadi untuk yang rapat dan berkumpul dalam satu ruangan tertutup serta dalam waktu yang lama, tidak menggunakan masker dan tidak jaga jarak menjadi faktor resiko penularan Covid – 19 melalui aerosol. Aerosol yang membawa virus Covid – 19 dapat terbawa sampai dengan delapan meter. Ukuran aerosol kurang dari 3 mikron,” paparnya.

Menurut dia, untuk mengurangi resiko penularan yang terjadi di dalam ruangan ada beberapa hal yang dapat menjadi perhatian diantaranya, jaga jarak, tetap memakai masker serta membatasi jumlah peserta dalam ruangan lima puluh persen dari kapasitas ruangan. ( SK )