oleh

Kasus Covid – 19 Belum Ada di Bangka Barat, Namun Dinkes Tetap Waspada

BANGKA BARAT — Meskipun virus Corona atau Covid – 19 telah menyebar di beberapa daerah di Indonesia, namun di Bangka Barat hingga saat ini belum ada kasus yang ditemukan.

Menurut Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Barat, drg. Achmad Syarifudin, memang ada satu pasien yang dicurigai terjangkit Covid – 19, namun setelah diperiksa hasilnya negatif dan tidak mengarah ke virus berbahaya itu.

” Sampai saat ini belum ada kasus, cuma ada satu orang kemarin tapi negatif tidak mengarah kesana,” ujar Ahmad Syarifudin kepada kabarbangka.com, Senin ( 16/3/2020 ) siang di ruang kerjanya.

Namun, meskipun belum ada kasus virus Corona, pihak Dinkes tetap mengambil langkah untuk mewaspadai dan mencegah penyebaran virus tersebut. Pihaknya kata Achmad telah
mengaktifkan seluruh surveillance
di setiap Puskesmas maupun di kabupaten untuk memantau pasien yang mempunyai riwayat perjalanan ke negara yang terjangkit Covid – 19.

” Cuma persoalan yang kita hadapi saat ini ternyata di negara kita sudah terjadi di beberapa daerah penyebaran kasus, sehingga bukan hanya ke luar negeri saja, ke Jakarta pun harus kita waspadai. Jangan sampai nanti kita lengah,” tukasnya.

Bahkan dari Kementerian Kesehatan RI kata dia telah menginstruksikan cara penanganan virus Corona dengan menerbitkan Standar Operasional Prosedur ( SOP ) yang harus dipedomani dan dipatuhi.

Untuk pencegahan yang lebih efektif, Ahmad menyarankan masyarakat menerapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS ).

” Satu hal juga yang kita perlu pahami bahwa untuk pencegahan Corona ini, pertama pola hidup bersih, cuci tangan karena kontak tangan ini sangat tinggi sekali kasus penyebaran ini, cuci tangan dengan air yang mengalir, bersih – bersih pakai sabun,” jelasnya.

Selain itu lanjut dia, saat batuk dan bersin jangan ditutup dengan telapak tangan, tapi harus ditutup dengan lipatan siku, karena tangan selalu bersentuhan atau kontak dengan orang lain.

” Kemudian istirahat cukup supaya kondisi kita fit kemudian olahraga. Hidup bersih ini yang harus kita tingkatkan agar badan kita sanggup menolak penyakit lah dengan kondisi tubuh yang kuat,” pungkas Achmad. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed