HEADLINERAGAM

Kasus Covid di Babar Hingga Bulan Mei Capai Angka 2.136, Orang yang Terpapar 858

×

Kasus Covid di Babar Hingga Bulan Mei Capai Angka 2.136, Orang yang Terpapar 858

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Total angka positif Covid – 19 di Bangka Barat sampai tanggal 30 Mei 2021 berjumlah 2.136. Pada bulan Mei, orang yang terpapar berjumlah 858 kasus atau 41, 16 % dari kasus komulatif. Sedangkan bulan April berjumlah 827 atau 38.71 % dari kasus komulatif.

Menurut Juru Bicara Satgas Penanganan Covid – 19 Bangka Barat, M. Putra Kusuma, pihaknya telah melakukan testing selama 11 hari terakhir di bulan Mei sebanyak 2.081 test.

” Dari jumlah tersebut rinciannya,
477 dari test PCR dan 1.604 dari test antigen,” imbuh Putra, Senin ( 31/5 ).

Ditegaskannya, test harus dilakukan secara masif, mengingat target WHO adalah 1 orang per 1.000 penduduk per minggu dalam satu daerah. Tujuannya agar kasus – kasus yang ada dapat terdeteksi. Sedangkan untuk angka positivity rate harus dibawah 5 persen.

” Prinsip dasar dari pengendalian penyakit menular adalah dengan menemukannya sedini mungkin agar dapat dilakukan tatalaksana dan menahan penularan semakin meluas,” katanya.

Dia menambahkan, identifikasi satu kasus dan menemukan pokok masalahnya menjadi prioritas untuk menentukan metode pengendalian selanjutnya.

Pengendalian Covid – 19 dalam konteksnya sama dengan konsep pengendalian penyakit TBC. Menurut Putra, dalam hal ini kasusnya harus ditemukan sehingga penyebaran di suatu daerah dapat dikontrol.

” Kalau kasusnya tidak ditemukan maka akan menjadi boom waktu dikemudian hari dan ditemukan sudah di rumah sakit dan menyerang orang – orang yang rentan seperti lansia, penyakit penyerta ( komorbid ), ibu hamil dan anak – anak,” tandas Putra.

Oleh sebab itu semua kasus Covid – 19 yang ada di masyarakat wajib dicari dan segera ditemukan. Pencarian secara masif ini kata dia biasa disebut sebagai kegiatan ” tracking ” dan ” traccing “.

Lebih lanjut Putra menerangkan, dalam satu minggu terakhir pihaknya telah
menyelesaikan ” on the job training ” terkait tracking di semua Babinsa dan Bhabinkamtimbas di desa/kelurahan.

” Jadi ke depan kegiatan itu dikerjakan oleh Babinsa dan Bhabinkamtibmas tersebut. Penguatan ini menjadi energi baru dalam pelacakan kontak erat dan diharapkan dapat menemukan sedini mungkin suspek kasus – kasus Covid – 19 yang ada di masyarakat. Sekali lagi bahwa tracking kontak yang diikuti oleh isolasi mandiri adalah salah satu pilar pengendalian Covid – 19,” terangnya.

Sementara itu update data terbaru per Senin, 31 Mei 2021, hanya terjadi penambahan sebanyak 17 kasus dari Kecamatan Muntok, Parittiga dan Tempilang.

Rinciannya, dari Kecamatan Muntok sebanyak 5 kasus, Parittiga 6 dan Tempilang 6 kasus. Sementara angka kesembuhan bertambah sebanyak 42 orang. Rinciannya, Muntok 14, Jebus 6, Parittiga 1 dan Kecamatan Tempilang 6 orang. ( SK )