oleh

Kebudayaan Tradisi Leluhur Harus Terus Dilestarikan

 17 total views

BANGKA TENGAH — Bupati Bangka Tengah, H. Ibnu Saleh, mengatakan tradisi dan kebudayaan merupakan warisan dari leluhur yang harus dijaga dan dilestarikan, serta ditumbuhkembangkan, sehingga kebudayaan dan tradisi ini tetap terjaga dengan baik.

Hal itu dikatakannya, saat menghadiri acara perungan Sembahyang Rebut yang digelar oleh warga etnis Tionghoa di kelenteng Amal Bhakti, Kampung Merengkang Desa Padang Baru, Kecamatan Pangkalan Baru, pada Rabu (14/08/2019) malam kemarin.

“Kita pemerintah kabupaten sangat mendukung kegiatan ini, karena ini merupakan budaya warisan leluhur dan sudah menjadi tradisi bagi warga suku Tionghoa, yang harus tetap dijaga dan dilestarikan, serta di pupuk sampai dengan geberasi mudanya. Jadi geberasi muda bisa meneruskan budaya leluhur, sehingga mereka tau sejarah perkembagan budaya mereka, yang tentunya di dalam Negara Kesatuan Republik Indonesia,” kata Ibnu Saleh.

Lebih lanjut Ia mengakatan, mengingat momentumya berdekatan dengan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia, ini adalah merupakan kerukunan masyarakat kita dan umat beragama, ini lah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Walaupun berbeda – beda tapi tetap satu.

“Inilah yang kita sebut Bhineka Tunggal Ika, walaupun kita berbeda suku, bahasa, agama, budaya dan tradisi, tetapi kita tetap satu kesatuan yaitu, Negara Kesatuan Republik Indonesia, dan ini yang kita tunjukan kepada dunia serta negara, khusunya di Bangka Tengah bahwa keragaman ini barokah yang menjadikan persatuan dan kesatuan menjadi lebih kuat. Insya Allah Negara Kesatuan Republik Indonesia menjadi lebih hebat lagi,” tuturnya.

Dirinya juga berharap, kegiatan inibterus ditumbuh kembangkan sampai kegenerasi penerusnya, bahwa budaya ini baik untuk terus di kembangkan,

“Kami harapkan para tokoh agama Konghucu untuk memberikan informasi kepada generasi penerus, ramaja, anak-anak bahwa budaya ini perlu dikembangkan, dan budaya ini adalah budaya yang baik untuk merekatkan persaudaraan serta persatuan dan kesatuan diantara kita,” pungkasnya. (Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed