oleh

Kenalkan Potensi Pertanian Melalui Lomba Memasak Berbahan Dasar Produk Lokal

SITUBONDO — Pembangunan sangat penting dalam kemajuan sebuah wilayah. Selain membuka kelancaran akses distribusi barang dan jasa juga memberikan peluang bagi warga setempat untuk memberikan gambaran kepada publik tentang potensi wilayahnya.

Lomba memasak berbahan dasar petai digelar Koramil Sumber Malang, 16/3/20.
Halaman koramil seperti disulap menjadi dapur.

Aroma masakan tercium dari halaman yang dipenuhi oleh ibu-ibu dengan berbagai peralatan memasak. Riuh percakapan mereka bercampur dengan suara perkakas masak. Maklumlah karena halaman koramil ini berubah menjadi arena lomba memasak yang diikuti oleh ibu-ibu warga sekitar koramil.

Sayur petai menjadi bahan dasar olahan memasak mereka. Kreasi menu diracik sedemikian rupa sehingga menghasilkan harum aroma masakan. Jenis sayuran ini (petai) memang banyak dijumpai di wilayah Kecamatan Sumber Malang dan salah satu wilayahnya kini dijadikan sasaran proyek TMMD ke 107 di Kabupaten Situbondo.

Bila musim panen tiba, jenis sayuran beraroma menyengat ini sangat berlimpah. Meski demikian pola penanaman yang dilakukan warga masih bersifat sampingan. Padahal harga petai memiliki nilai jual yang bagus disamping katena banyaknya penyuka petai.

Melalui lomba memasak berbahan dasar petai ini diharapkan mampu memberikan wawasan kepada warga masyarakat akan potensi ekonomi dari hasil pertanian mereka.

” Banyak dijumpai tanaman petai yang tumbuh disini. Sebenarnya memiliki nilai ekonomis bagus namun pemanfaatannya belum maksimal. Masyarakat masih mengelola sebagai hasil sampingan. Dengan diadakannya lomba memasak berbahan dasar petai ini kami berbaharap bisa memberikan semangat kepada warga untuk lebih meningkatkan hasil dari pertanian petai ini,” kata Mayor Kav. Suprapto Kasdim 0823/Situbondo yang mengawasi lomba tersebut. (Rilis)

Komentar

Tinggalkan Balasan