HEADLINERAGAM

Kepercayaan Masyarakat Terhadap FIFGROUP Cukup Baik

×

Kepercayaan Masyarakat Terhadap FIFGROUP Cukup Baik

Sebarkan artikel ini

BANGKA — Antusiasme dan kepercayaan masyarakat terhadap perusahaan pembiayaan FIFGROUP, khususnya Cabang Sungailiat dan Pangkalpinang, Provinsi Bangka Belitung, dinilai cukup baik.

Kepala FIFGROUP Cabang Sungailiat, Herwansyah, didampingi Anton, Kepala FIFGROUP Cabang Pangkalpinang mengungkapkan, penjualan pada semester I tahun 2021, meningkat cukup baik bila dibandingkan dengan semester I tahun 2020.

” FIFGROUP memiliki sejumlah bisnis pembiayaan. FIFASTRA melayani kredit motor baru merek Honda. FIFSPEKTRA melayani kredit perangkat elektronik, furniture, dan peralatan rumah tangga. FIFAMITRA melayani pembiayaan dana talangan haji, umroh, hewan qurban dan logam mulia dengan Akad Syari’ah,” ungkap Herwansyah dalam wawancara eksklusif di ruang kerjanya, Jum’at pekan lalu.

Untuk motor baru Honda, lanjut Herwansyah, FIFASTRA bekerja sama dengan dealer-dealer motor Honda area Bangka Belitung, dibawah naungan PT. Asia Surya Perkasa atau PT. ASP, Main Dealer Honda Bangka Belitung.

Untuk pembiayaan kredit perangkat elektronik, furniture, dan peralatan rumah tangga, pelanggan bisa datang ke toko mitranya FIFSPEKTRA.

Menurutnya, meski dilanda pandemi Covid – 19, namun pembayaran dari kreditur cukup baik dibandingkan tahun lalu, dan tunggakan pembayaran juga lebih sedikit.

” Harapannya pembayaran terus membaik, seiring membaiknya ekonomi di Provinsi Bangka Belitung,” ucapnya.

Efek pandemi Covid – 19 juga dirasakan perusahaan pembiayaan FIFGROUP, yang harus melakukan perampingan ( pengurangan karyawan ) supaya bisa lebih produktif.

” Bagi karyawan yang tidak produktif akan disesuaikan dengan peraturan perusahaan, peningkatan SP1 sampai dengan PHK. Tujuannya agar bisa efektif dan lebih produktif,” bebernya.

Sementara Anton, Kepala FIFGROUP Cabang Pangkalpinang yang mengikuti wawancara secara virtual mengatakan, FIFGROUP juga sangat peduli kepada karyawan, diantaranya dengan menerapkan protokol kesehatan.

Di tempat kerja selalu disediakan masker, hand sanitizer, dan secara rutin dilakukan penyemprotan disinfektan seminggu sekali.

” Kami ( karyawan FIFGROUP ) setiap pagi juga mengisi survey kesehatan yang dilaporkan ke kantor pusat. Tujuannya untuk mengetahui kondisi kesehatan karyawan, dan juga sebagai upaya deteksi dini terhadap virus Corona,” jelasnya.

Lebih lanjut Anton menuturkan, FIFGROUP sangat mendukung program vaksinasi yang digencarkan pemerintah, guna menangkal penyebaran Covid-19.

Saat ini kata Anton, hampir 60 persen karyawan FIFGROUP sudah divaksin, sisanya menunggu antrian.

” Karena perusahaan mewajibkan semua karyawan harus divaksin. Bila tidak mau divaksin, ada konsekuensi terhadap karyawan itu. Kecuali ada alasan dengan rekomendasi dokter, bahwa yang bersangkutan belum bisa divaksin. Perusahaan juga berinisiatif membantu menyiapkan oksigen untuk karyawan yang terpapar corona,” tuturnya.

Sebagai perusahaan pembiayaan nasional, FIFGROUP juga mengucurkan dana Coorporate Social Responsibility atau CSR secara berkala. Diantaranya, pembagian bantuan sembako di sekitar wilayah kerja perusahaan dan karyawan serta bantuan pembangunan musholla.

” Baru-baru ini kita juga melakukan penghijauan di Kecamatan Kelapa, itu kerja sama dengan PT. Timah, serta kegiatan Posyandu di Pangkalpinang,” ujarnya.

Masih kata Anton, peran serta FIFGROUP di masa pandemi juga cukup banyak. Antara lain membantu menyediakan Alkes untuk Puskesmas di Kelapa, Bangka Barat.

“Kebijakan itu ( membantu Alkes ) memang berlaku hampir di semua Cabang FIFGROUP,” imbuhnya.

Peran FIFGROUP yang tak kalah pentingnya, yaitu membantu pelaku UMKM. Bantuan kepada pelaku UMKM diberikan dalam bentuk modal dan pelatihan kerja.

” FIFGROUP juga sangat peduli dengan pelaku UMKM. Bantuan yang diberikan selain dalam bentuk modal usaha, juga diberikan pelatihan secara virtual seperti yang digelar belum lama ini,” demikian Anton. ( Romlan )