oleh

Keren, Kelurahan Selindung Kelola Bank Sampah Dapat Didaur Ulang

-Tak Berkategori

PANGKALPINANG — Tempat Pengolahan Sampah Terpadu (TPST) 3R KSM Kawa Begawe belakangan ini makin dapatkan apresiasi serta atensi positif dari masyarakat Selindung Kecamatan Gabek Kotamadya Pangkalpinang, Kamis (12/09/2019).

Pasalnya, masalah sampah warga yang biasanya pelik terkait besaran tempat pembuangan akhir (TPA) yang memerlukan lahan luas, di tempat yang di-inisiasi oleh Plt Lurah Selindung Aldy kini bisa menemukan jalan keluarnya.

“Prinsipnya kami melaksanakan proses tiga R (reuse reduce recycle) dalam menjalankan program kebersihan terkait sampah warga. Di tempat kami ini sampah kami pilih dan pilah dulu baru bisa dilanjutkan dengan reuse. Hingga bisa menghasilkan pupuk cair organik yang kami jual 10 ribu rupiah per kemasan,” urai Ketua KSM Kawa Begawe Jamil.

Pupuk Organik Kemasan Botol (sumber : Ist)

Dalam pemanfaatan limbah tadi, kata Jamil, pihaknya cukup kesulitan dengan recycle sampah yang berjenis paku, pecahan kaca dan benda keras lainnya. Menurutnya, semata-mata karena kekurangan alat yang memadai.

“Awalnya pekerjaan kami ini belum mendapatkan perhatian, bahkan tidak ada penghasilan dari program ini. Namun perlahan berkat kepercayaan serta kerjasama tim kami yang beranggotakan 5 orang, 2 unit motor sampah. Kami mulai menemukan solusi bagi masyarakat terkait permasalahan sampah di lingkungan Sleindung,” beber Jamil.

Kata Jamil, hasil dari penjualan pupuk organik tadi. Kelompok KSM Kawa Begawe mendapatkan asupan penghasilan yang lumayan. Karena menurut pengakuan dia, selalu habis dibeli oleh warga sekitar.

“Bahan bakunya ya dari organik, sayuran yang telah dibuang sebagai limbah oleh warga diolah dengan campuran N⁴ hingga bisa diproduksi pupuk organik tadi,” ungkap Jamil. (Red/3)

Komentar

Tinggalkan Balasan