oleh

Kesbangpol Babel Ingatkan Netralitas PNS dalam Pilkada 2020

BANGKA BARAT — Kesbangpol Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bekerja sama dengan Kesbangpol Bangka Barat menggelar Sosialisasi Undang – Undang Tentang Pilkada Tahun 2020 di Hotel Pasadena Muntok, Rabu ( 4/2/2020 ) pagi.

Menurut Kepala Kesbangpol Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Drs. H. Tarmin, M.Si, Sosialisasi Tentang Undang – Undang Pilkada ini digelar dalam rangka mewujudkan kesamaan persepsi serta sinergitas yang kuat dan berkesinambungan dalam menciptakan Pilkada yang demokratis.

Disamping itu kata Tarmin, sosialisasi ini bertujuan agar masyarakat memahami tentang tahapan – tahapan Pemilu yang akan dilaksanakan dan cerdas dalam memilih pemimpin dengan kriteria – kriteria tertentu yang diinginkan.

” Kita berharap adanya kesadaran politik dapat menumbuhkan kedewasaan politik tanpa perpecahan, isu-isu di sekitar kita, dan yang terpenting harus menjaga persatuan dan kesatuan,” ujarnya.

Dia juga menyinggung netralitas Pegawai Negeri Sipil ( PNS ) dalam Pilkada yang diatur dalam Undang – Undang Nomor 1 Tahun 2015 yang menyatakan, seorang PNS harus netral dan tidak boleh terlibat dalam kampanye atau mempromosikan salah satu calon dalam pemilihan.

“ Meskipun begitu, PNS tetap mempunyai hak yang sama dalam memilih dan masyarakat harus memahami hal-hal yang di perbolehkan atau tidak. Dalam hal ini, peran Pemerintah Daerah menghadapi Pilkada serentak tahun 2020 adalah memberikan bantuan dan fasilitas sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan,” sambung Tarmin.

Turut hadir dalam kegiatan ini diantaranya, Kepala Kesbangpol Bangka Barat, Yusuf Yudono, Ketua KPU Bangka Barat, Pardi, Ketua Bawaslu Bangka Barat, Rio Reza Fahlevi, Gabungan Organisasi Wanita (GOW), TIM PKK Bangka Barat, Tokoh Pemuda, Partai Politik (Parpol), Tokoh Agama , Tokoh masyarakat serta pelajar SLTA. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed