oleh

Ketua DMI Babar Himbau Peserta Pilkada Tidak Manfaatkan Tempat Ibadah untuk Kampanye

BANGKA BARAT — Perhelatan pesta demokrasi Pemilihan Kepala Daerah ( Pilkada ) serentak 2020 tinggal satu bulan lagi. Situasi dan kondisi Bangka Barat sebagai salah satu kabupaten yang ikut menggelar Pilkada, selama tahapan kampanye saat ini masih aman dan kondusif.

Terkait hal tersebut, Ketua Dewan Masjid Indonesia ( DMI ) Kabupaten Bangka Barat, Muslih, menghimbau agar seluruh elemen masyarakat menjaga kondusifitas, jelang Pilkada 9 Desember mendatang.

Disamping itu dia juga menghimbau penerapan protokol kesehatan tetap diutamakan agar Pilkada tidak menjadi klaster penularan baru Covid – 19.

” Pertama, tetap menjaga kondusifitas di masyarakat Bangka Barat, kedua senantiasa dalam berbagai kegiatan apapun terutama dalam menghadapi pesta demokrasi tetap menerapkan protokol kesehatan hingga di tiap – tiap TPS,” ucap Muslih, Selasa (10/11 ).

Yang tidak kalah penting kata Muslih, sesuai dengan aturan perundang – undangan yang berlaku, para paslon peserta Pilkada tidak memanfaatkan tempat ibadah sebagai sarana atau media untuk berkampanye.

” Sesuai aturan dan perundang – undangan jangan sampai melansir atau memanfaatkan rumah ibadah sebagai media atau tempat kampanye,” tandas dia.

Dikatakannya, terkait hal tersebut pihaknya telah berkoordinasi dengan Forum Kerukunan Umat Beragama ( FKUB ) Bangka Barat guna menggali informasi mengenai politisasi tempat – tempat ibadah selama masa kampanye, namun sejauh ini pihaknya belum mendapat laporan adanya pemanfaatan sarana ibadah untuk berkampanye.

” Sejauh ini, informasi dalam lingkaran Dewan Masjid Bangka Barat belum ada, kemudian koordinasi dengan FKUB juga, rumah – rumah ibadah lain belum ada juga. Tidak hanya masjid, viraha, kelenteng, gereja harus macem itu karena aturannya seperti itu,” tutup Muslih. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan