oleh

Keunikan Pawai Obor 3000 Culok, M. Soleh Saran Agar Dimasukkan ke Agenda Disparbud Babar

BANGKA BARAT – Berbagai keunikan tersaji dari acara pawai obor di Dusun Daya Baru Pal 4, Kecamatan Muntok, mulai dari kerlap – kerlip ratusan obor yang menciptakan suasana bulan puasa tempo dulu, taman semarak lampu dengan musik rebana, hingga Kapal Layar IMADA yang menjadi podium untuk pidato.

Selain itu, sajian ketupat khas lebaran menjadi menu makan malam para tamu dan warga setempat yang disajikan di Masjid Ar – Rahman menciptakan suasana akrab.

Semua keunikan tersebut dikemas dalam acara Pawai Obor 3000 Culok Ramadhan 1440 Hijriyah yang digelar oleh Ikatan Muda Mudi Daya Baru ( IMADA ) di Dusun Daya Baru, Desa Belo Laut, Kecamatan Muntok, Kabupaten Bangka Barat, Jum’at ( 3/5/2019 ) malam.

Asisten 1 bidang Pemerintahan dan Sosial Setda Bangka Barat, Muhammad Soleh berkesempatan menyalakan obor pertama di depan Masjid Ar – Rahman, diikuti hadirin yang lain diantaranya, perwakilan Polres Bangka Barat, Camat Muntok, M. Herli, Kepala Dinas Pariwisata Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Suwito dan beberapa Kepala OPD Pemkab Bangka Barat.

Muhammad Soleh dalam sambutannya di atas Kapal IMADA, menyambut baik acara tahunan di Dusun Daya Baru ini. Bahkan dia menyarankan agar kegiatan ini dimasukkan ke dalam agenda acara Dinas Pariwisata Kabupaten Bangka Barat.

” Kami mengharapkan kepada Dinas Pariwisata jadikan ini momentum kegiatan adat kegiatan agenda Dinas Pariwisata, karena ini sangat baik sekali dan cukup langka kami lihat dan upayakan ini ada videonya yang bisa kita jual ke berbagai wilayah,” ungkap M. Soleh.

Di lain pihak, Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bangka Barat, Suwito mengatakan, bisa saja kegiatan ini dijadikan salah satu agenda kegiatan Dinas Pariwisata bila acaranya dikemas lebih meriah lagi.

” Terkait dengan agenda pariwisata Bangka Barat, bisa saja ini menjadi agenda, yang kedepan akan lebih maju lagi, misalnya saja, kenapa tidak, kalau di setiap kecamatan mengirimkan beberapa orang ( untuk menjadi peserta pawai obor ) sehingga ini bisa lebih meriah lagi,” ujar Suwito.

Untuk tahun ini pun kata dia, Pemkab Bangka Barat ikut membantu kegiatan pawai obor dengan mengucurkan dana yang cukup lumayan.

” Tahun ini Pemkab Bangka Barat kita mendukung dengan nominal yang cukup lumayan dan mudah – mudahan ini bisa diterima masyarakat Dusun Daya Baru,” tutupnya. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan