oleh

Keunikan Seni Rupa Tradisional dan Digital Menurut Perspektif Islam

Oleh: Nur Rira Febriyani
Mahasiswa STAINU Temanggung


Di era modern sekarang ini banyak didapati program hiburan yang tak lain adalah berupa karya seni, seperti film animasi, musik, drama, tari, dan lain-lain. Hasil karya seni ini menyebar ke dunia industri hiburan lewat berbagai media, seperti radio, televisi, surat kabar, majalah, maupun media sosial tanpa mengenal batasan negara dan budaya, sedangkan menurut ajaran agama Islam terutama di Indonesia yang mayoritas masyarakatnya memeluk agama Islam memiliki batasan tersendiri dengan istilah halal dan haram terhadap industri hiburan tertentu.

Dalam Islam, seni dipandang sebagai suatu hal yang bisa diukur halal, haram, ataupun mubah. Bagi mereka yang memandang seni dari sisi ideologis, menganggap haram untuk disajikan ke masyarakat, karena menurut mereka hal itu dianggap mengganggu kekhusyu’an beribadah, dimana pikiran mereka akan cepat frustasi karena didominasi oleh industri hiburan tersebut.

Dan bagi mereka yang menganggap halal karena tipe pemikiran dan jalan hidup mereka bersifat materialistik, dimana ia bisa mudah terbawa oleh hingar bingar dunia hiburan dan melupakan esensi dari hiburan dan kesenian itu sendiri. Sedangkan sebagian dari mereka mengatakan mubah yaitu mereka yang bersikap hati-hati dengan apa yang mereka nikmati dari industri hiburan dan kesenian tersebut.

Melalui Al-Qur’an, Islam sangat menghargai seni. Allah mengajak umatnya untuk memandang seluruh alam jagad raya yang telah Ia ciptakan dengan indahnya. Seperti dalam Surah Al-Qaf ayat 6 yang artinya, “Maka apakah mereka tidak melihat akan langit yang ada diatas mereka, bagaimana kami meninggikannya dan menghiasinya dan langit itu tidak memilki retak-retak sedikitpun”.

Dari ayat tersebut, jelas bahwa Allah menciptakan alam jagad raya dan seisinya sebagai hiasan yang indah untuk dinikmati oleh umatnya.Sebagai makhluk ciptaan-Nya, manusia memandang ciptaan Allah untuk dinikmati dan melukiskan keindahannya sesuai dengan subjektivitas perasaan masing-masing. Mengabaikan sisi keindahan natural hasil ciptaan Allah berarti mengabaikan salah satu sisi kebesaran Allah dan bagi mereka yang menikmatinya, mereka mempercayai bukti kebesaran Allah.

Immanuel Kantyang merupakan salah satu filsuf barat mengatakan bahwa bukti tentang wujud Tuhan terdapat dalam rasa manusia bukan pada akalnya, jadi jelas kita lihat bahwa wujud Tuhan dapat kita rasakan dengan kekaguman kita akan hasil ciptaan-Nya.

Seni itu sendiripun tidak luput dari unsur tradisi, tradisi sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah “adat kebiasaan turun temurun dari nenek moyang yang masih dijalankan oleh masyarakat, yang berangkat dari penilaian atau anggapan bahwa cara-cara yang telah ada merupakan yang paling baik dan benar”.

Seni rupa tradisional tidak dapat dilepaskan dari kearifan budaya lokalnya sendiri. Sehingga berbagai daerah biasanya memiliki karya seni rupa tradisional yang unik dan berbeda dari daerah lain. Meskipun terkadang beberapa daerah dan budaya yang berdekatan juga saling mempengaruhi dan terdapat tradisi yang mirip.

Dilihat dari segi fungsinya, seni rupa dibedakan menjadi dua yaitu seni rupa murni dan seni rupa terapan. Proses penciptaan seni rupa murni menitikberatkan pada ekspresi jiwa, seperti lukisan. Sedangkan seni rupa terapan proses pembuatannya memiliki tujuan dan fungsi tertentu, seperti kriya. Sedangkan bila ditinjau dari segi bentuknya, seni rupa terbagi menjadi dua yaitu seni rupa dua dimensi yang hanya memiliki panjang dan lebar saja, dan seni rupa tiga dimensi yang memilki panjang, lebar, serta ruang.

Setiap karya seni memiliki keunikan yang mempunyai ciri khas masing-masing.Contoh macam-macam seni rupa tradisional, diantaranya seperti kain batik, wayang golek, kain songket, ornamen pada rumah-rumah tradisional di tiap daerah, dan sebagainya.

Adapun ciri-ciri seni rupa tradisional, yaitu seni rupa tradisional terbentuk berdasarkan pada lingkungan dan budaya setempat yang menunjangnya, cerminan dari suatu budaya yang disesuaikan dengan berbagai system sosial yang terbentuk oleh masyarakatnya. Seni tradisional adalah ciri khas dari masyarakat yang menjadi pembeda dari lingkungan budaya lain.

Karya seni diciptakan berdasarkan norma, filosofi, dan adat kebiasaan yang ada dari masa ke masa dan dipertahankan secar turun temurun, seni tradisional bersifat cenderung statis, karena terikat pada aturan dan pakem yang ketat dari norma dan budaya lokal tempat seni tersebut terbentuk. Memang seni rupa tradisional lebih ribet dari pada seni digital, namun seni rupa tradisional lebih memilki makna yang lebih mendalam bagi penikmat seni.

Dari sisi yang lain, Nabi SAW dan para ulama melarang mereka untuk melukis dan menggambar makhluk hidup yang bernyawa/bersyahwat dalam mewujudkan corak keindahan meskipun hal ini tidak ditemukan teksnya secara langsung dalam Al-Qur’an, kegiatan mereka dalam mewujudkan keindahan tak pernah kehilangan arah.

Kreasi dan potensi seni mereka, kemudian dialihkan pada bentuk kaligrafi Islam, dengan pola dan karakteristik yang indah dan unik dengan membentuk corak ragam hias ruangan, benda-benda antik seperti guci, karpet, dan sebagainya dengan berbagai ornamen bunga-bungaan atau tumbuh-tumbuhan yang dianggap bukan sejenis hewan atau manusia.

Namun pada masa Wali Songo, pendekatan melalui medium kesenian membuat syiar Islam oleh para wali mendapatkan perhatian dari masyarakat pada waktu itu.Tercatat dalam sejarah, ajaran Islam mampu menjadi agama besar di Jawa dan menyebar keseluruh penjuru Indonesia dengan seni tradisional yang diterapkan sebagai media berdakwah pada waktu itu. Seperti yang dilakukan oleh Sunan Giri yang menciptakan wayang binatang buruan hutan dan rampongan ‘barisan’, dan Sunan Kalijaga menambah alat-alat keperluan pertunjukkan, seperti kelir, batang pisang, serta blencong ‘lampu’.

Sedangkan seni digital adalah sebuah karya yang dibuat dengan teknologi digital yang disajikan dalam bentuk teknologi digital.Dalam hal ini termasuk gambar yang sepenuhnya hasil editing komputer atau program yang dibuat menggunakan perangkat lunak atau software, seperti Adobe Illustrator, Corel Draw, dan sebagainya. Seni digital juga termasuk dalam membuat animasi, renderings 3, manipulasi gambar video serta proyek yang menggabungkan beberapa teknologi.

Seni digital juga memilki ciri khas yang tidak kalah menarik. Seni digital memilki visual yang lebih menarik mengikuti perkembangan teknologi yang semakin maju ini. Sehingga masyarakat menjadi antusias akan hal tersebut, dibuktikan dengan adanya seni digital yang dapat membuat animasi atau gambar yang bisa bergerak yang membuat masyarakat semakin kagum dan masih banyak lagi.

Ada berbagai macam seni digital yang berbentuk gambar dan sebenarnya sering kita temui pada kehidupan sehari-hari. Contohnya Vector Art, WPAP, Line Art, Low Poly Art, Flat Design, Typography, dan sebagainya. Vector art merupakan gambar yang terbentuk dari sejumlah garis dan kurva.Ciri khas dari vector art adalah gambarnya yang terlihat seperti kartun tapi bentuknya nyata dan hampir mirip dengan bentuk aslinya.

Wedha’s Pop Art merupakan suatu gugus seni illustrasi potret wajah yang bersilang-silang secara geometri dengan menggunakan kontradiksi warna khusus. Ciri khusus dari WPAP adalah warnanya yang bebas namun masih terdapat unsur gelap terang.

Line art merupakan gambar yang dibentuk dari garis-garis tegas dan biasanya berwarna hitam.tanpa adanya gradiasi warna. Ciri khas yang dimilki line art ialah warnanya hanya terdiri dari dua warna yang biasanya hanya berawarna hitam dan putih menyerupai gambar sketsa.

Low poly art atau low polygon art adalah salah satu jenis seni digital yang memiliki efek visual seperti rangkaian kristal yang menyatu menajdi sebuah objek. Ciri khas dari low poly art adalah bentuknya yang menyerupai kristal.

Flat design adalah desain dengan pendekatan minimalis yang menekankan kegunaan, dengan desain yang bersih tanpa ada bevel, bayangan, tekstur, berfokus pada warna-warna cerah dan ilustrasi dua dimensi.Ciri khas dari flat design ialah bentuknya yang sederhana dan menggunakan warna-warna yang cerah.

Typography merupakan suatu seni memilih dan menata huruf dengan pengaturan penyebarannya pada ruang yang tersedia, dan bertujuan untuk menciptakan kesan yang menarik.Ciri khas yang dimilki typography ialah bentuk tulisan yang sudah mengalami modifikasi dari bentuk aslinya.

Dan masih banyak lagi seni digital lainnya yang tidak kalah menarik. Seni Digital dapat dibuat menggunakan beberapa aplikasi khusus untuk menggambar di laptop maupun android, seperti Corel Draw, Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Ibis Paint, Medibang, Autodesk Sketchbook, dan lain sebagainya. Menggambar dengan digital ini, tentu lebih praktis dan menghemat biaya karena hanya perlu modal laptop maupun android yang tentunya sudah dimilki sebagian besar masyarakat.

Dalam seni digital pun juga tak luput sebagai media umat Islam untuk mengembangkan karya seninya seperti video animasi atau kartun yang dapat digunakan sebagai media belajar dan mengaji bagi anak supaya mereka akan lebih antusias dan tertarik dalam mempelajarinya. Kaligrafi pun kini juga dapat kita gambar dan nikmati dalam bentuk digital dengan menggunakan media elektronik seperti HP dan laptop.Semakin berkembangnya zaman, kita sebagai manusia harus pintar-pintar menggunakan alat elektronik dan digital sebagai media yang dapat memberikan pengaruh positif kepada masyarakat.

Oleh karena itu, setiap karya seni memilki ciri khas masing-masing yang ditonjolkan sehingga memiliki daya tarik dan keunikan tersendiri. Namun dalam menikmati karya seni itu sendiri, akan lebih baiknya kita tetap mengetahui batasan-batasan yang harus kita perhatikan sesuai dengan ketentuan Islam yang ada. Karena pada hakikatnya seni dapat kita nikmati dan ekspresikan sebagai rasa kagum kita atas ciptaan-Nya, dan yang harus tetap kita perhatikan pengaruh atau efek baik buruknya bagi masyarakat itu sendiri.

Karena setiap manusia memilki selera seni masing-masing, oleh sebab itu keunikan tersebut bisa dilihat dari hal menarik yang dapat dilihat dari karya seni tersebut tanpa meninggalkan batasan-batasan yang harus tetap kita perhatikan. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan