oleh

KJRMS Akan Perjuangkan Masyarakat Penambang

BANGKA — Ketua Umum Koperasi Jasa Rezeki Muara Sejahtera baru saja secara resmi melantik dan mengukuhkan Pengurus Koperasi Jasa Rezeki Muara Sejahtera Cabang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung di lapangan bola Desa Gunung Muda, Kecamatan Belinyu.

Ketua Dewan Pembina Koperasi Jasa Rezeki Muara Sejahtera, Sri Gunting mengungkapkan, orientasi koperasi KJRMS difokuskan kepada pembelaan masyarakat yang sedang sengketa dengan mafia tanah, dengan pemerintah, atau dengan aparat.

“Iya, kita membela masyarakat. Pada umumnya masyarakat itu kan hanya butuh sesuap nasi, nggak lebih dari itu. Kalau setiap hari mata pencaharian masyarakat nggak terpenuhi, otomatis akan terjadi tindak kriminal

Dengan adanya koperasi ini, Sri Gunting berharap bisa membantu mengembalikan hak masyarakat untuk mencari sesuap nasi. Karena di Bangka Belitung ini mata pencaharian dari pertanian sekarang sudah (beralih) ke tambang, koperasi akan memperjuangkan supaya pihak berwenang memberikan dan mengembalikan lagi hak masyarakat untuk menambang.

“Paling tidak yang sudah ditutup, mari kita perjuangkan untuk dibuka kembali. Kita akan membantu Mas Johan untuk mengembalikan hak-hak masyarakat,” ujarnya.

Terkait legalisasi, Sri Gunting menegaskan koperasi sudah memiliki legalitas dan terdaftar di Kemenkumham. Menurutnya, dengan adanya koperasi ini pihak pemerintah setempat bisa memahami, karena upaya pemulihan ekonomi lewat koperasi merupakan program yang direstui oleh Presiden Jokowi sendiri.

“Apalagi ini masa pandemi, paling tidak kita memulihkan kembali ekonomi masyarakat di sini. Kalau masyarakat nggak bisa kerja, otomatis ekonomi tidak akan pulih seperti dua tahun yang lalu,” tukasnya.

Sementara Ketua Koperasi Jasa Rezeki Muara Sejahtera Cabang Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Kadrik, mengatakan target mereka bisa membantu masyarakat di segala bidang, terutama yang sekarang lagi fokus di Bangka Belitung ini masalah penambang rakyat.

“Karena di masyarakat ada permasalahan di tambang rakyat ini. Di seluruh Provinsi Kepulauan Bangka Belitung itu pekerjaan masyarakat adalah menambang. Kalau bisa masyarakat nambang, maka mereka akan mendapatkan ketenangan,” kata pria yang akrab disapa Johan Gondrong itu. (Romlan)