HEADLINEPANGKALPINANG

Komisi III DPRD Kunjungi Dinas Kominfo Kota Pangkalpinang

×

Komisi III DPRD Kunjungi Dinas Kominfo Kota Pangkalpinang

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG — Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang mengunjung Dinas Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Pangkalpinang, Selasa (7/8). Kedatangan rombongan Komisi III disambut Kepala Dinas Kominfo Drs. Sarbini, didampingi Sekretaris Dinas Febri Yanto, Kepala Bidang dan beberapa Sub Koordinator.

Ketua Komisi III DPRD Pangkalpinang Depati Amir Ghandi, menyebut kunjungan kerja kali ini dalam rangka melihat kondisi faktual yang ada di Organisasi Perangkat Daerah di lingkungan Pemerintah Kota Pangkalpinang, salah satunya Diskominfo Kota Pangkalpinang. Ia menyebut Komisi III kini memiliki terobosan baru yakni melakukan kunjungan-kunjungan ke OPD, biasanya selama ini OPD diundang ke Sekretariat DPRD Kota Pangkalpinang.

“Dalam hal ini Komisi III punya terobosan baru, biasanya kita mengundang ke Sekretariat DPRD, kali ini coba rubah polanya, sesekali kita DPRD yang melakukan kunjungan ke OPD-OPD. Alhamdulillah, kebetulan hari ini kita ke Dinas Kominfo, salah satunya adalah verifikasi faktual. Kemudian tadi juga kita RDP sebentar, jadi sekali mendayung dua tiga pulau terlampaui,” ungkap Ghandi.

Ghandi menuturkan, pihaknya memberikan apresiasi kepada Dinas Kominfo Kota Pangkalpinang, yang dinilainya merupakan OPD yang paling lancar progresnya di semester pertama yang akan berakhir sebentar lagi, lalu masuk kesemester kedua.

“Tadi disampaikan sudah hampir 50 persen realisasi kegiatan dan anggarannya. Kita juga menguatkan poksi dari Kominfo, karena kita tahu betul Kominfo ini kasihan bisa jadi bulan-bulanan dalam program lapor tadi. Kominfo kan hanya memfasilitasi, tentu ini harus didukung berbagai pihak yang ada dalam struktur pelayanan minimum. Struktur pelayanan ini misalnya Dinas Capil, PU, Perkim, Dinas Pendidikan, tentu melapornya ke Kominfo, tapi kan untuk menindaklanjuti eksekusinya dinas terkait, jadi harus peka. Kominfo dalam hal ini sudah bagus menyiapkan infrastruktur tersebut,” bebernya.

Di tempat yang sama, Kepala Dinas Kominfo Kota Pangkalpinang Sarbini menyampaikan, kunjungan tersebut merupakan suatu terobosan agar lebih leluasa dan dapat melihat langsung kondisi real di lapangan.

“Kita sebenarnya mendapat surprise dari kunjungan Komisi III, ini merupakan suatu terobosan menurut saya. Kita bisa lebih leluasa, mereka juga bisa langsung lihat kondisi real kita di lapangan seperti apa terkait dengan sarana prasarana. Mereka juga tadi kunjungan dari ruangan ke ruangan bisa langsung lihat. Sehingga tidak perlu kita lapor atau menyampaikan informasi secara lebih dekat lagi, karena mereka sudah lihat langsung. Biasanya kita yang ke dewan, kali ini mereka ke tempat kita, dan ini bisa juga menjadi ajang silaturahim yang semakin meningkatkan kemitraan kita bisa lebih baik kedepannya,” terang Sarbini.

“Kita juga leluasa menyampaikan usulan-usulan, mereka juga menjadi lebih tahu bagaimana program dan kegiatan yang sudah kita lakukan? Kalau ada hambatan-hambatan juga kita bisa sampaikan, sehingga ke depan bisa lebih baik dalam program dan kegiatan terkait dengan tugas dan fungsi Kominfo ini,” sebutnya.

Saat ditanyai tanggapan Komisi III DPRD Kota Pangkalpinang terkait program dan kegiatan Diskominfo Kota Pangkalpinang yang telah dipaparkan pada pertemuan tersebut, ia menyebut Komisi III sangat antusias dan memberikan apresiasi.

“Dewan sangat antusias, menyambut baik, karena memang terlaksana sesuai dengan termin-termin triwulan. Semua terealisasi dengan baik dan itu juga kalau kita lihat dari realisasi keuangan sudah sampai 40 persen, tapi secara fisik kita sudah sesuai dengan triwulan yang sudah kita programkan dan mereka sangat apresiasi apa yang kita lakukan, tinggal ke depan apa yang bisa kita tingkatkan,” pungkasnya. (*)

Sumber : Dinas Kominfo