HEADLINEPEMPROV BABEL

Komisi IV Kunjungi Bateng, Tuan Rumah Kejurda Pelajar Tahun 2021

×

Komisi IV Kunjungi Bateng, Tuan Rumah Kejurda Pelajar Tahun 2021

Sebarkan artikel ini

BANGKA TENGAH — Komisi IV DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung yang dipimpin Sekretaris Komisi IV, Ranto Sendhu, menggelar silahturahmi ke Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan, dan Olahraga Kabupaten Bangka Tengah, pada Jumat siang (19/03).

Tampak hadir anggota Komisi IV antara lain Marsidi, Toni Mukti, Fitra Wijaya, dan Evi Junita.

Ranto Sendu mengungkapkan, tujuan kunjungan kali ini hanya ingin mengetahui sejauh mana kesiapan Bangka Tengah sebagai tuan rumah Kejurda Pelajar Bangka Belitung, yang akan dilaksanakan tanggal 5-9 Juni tahun ini juga.

Kabid Pariwisata, Zulfan, yang menyambut kunjungan kerja Komisi IV DPRD Babel, menyampaikan permohonan maaf Kepala Dinas Kebudayaan, Pariwisata, Kepemudaan Dan Olahraga yang berhalangan hadir.

“Kejuaraan Daerah Pelajar Bangka Belitung pada prinsipnya kegiatan provinsi, tetapi pelaksanaannya diserahkan pada Kabupaten / Kota. Kabupaten Bangka Tengah ditunjuk sebagai tuan rumah berdasarkan hasil Rakortek dua tahun yang lalu, yang diselenggarakan oleh Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Kepulauan Bangka Belitung,” ungkap Budi Randa Saputra, selaku Kepala Seksi Olahraga yang turut hadir.

Masih dalam paparan Budi Randa, Kejurda Pelajar Bangka Belitung ini akan dimulai tanggal 5 hingga 9 Juni 2021. Dan sebelumnya, masing – masing Kabupaten / kota mengadakan seleksi atlit terlebih dahulu. Untuk seleksi tingkat Kabupaten Bangka Tengah, mengingat ketiadaan anggaran, maka pendanaannya melalui kerjasama dengan KONI.

Ada tujuh cabang olahraga yang akan dilombakan. Yaitu Volley Pasir, Senam, Renang, Panahan, Atletik, Sepak Takraw dan Pencak Silat. Seluruh cabang olagraga yang dipertandingkan akan dipimpin wasit yang berlisensi ( bersertifikat ).

“Fokus tempat pelaksanaan ada beberapa titik avenue, di antaranya Cabang Olahraga Senam di Sungailiat, dan Panahan di GOR Sahabudin,” jelasnya.

Diakhir paparannya, Budi Randa mengatakan, Kabupaten Bangka Selatan dan Bangka Barat tidak bisa ikut memeriahkan Kejurda Pelajar Tingkat Provinsi tahun ini, dikarenakan keterbatasan anggaran untuk mengirimkan atlit.

“Jika boleh meminta, kami harapkan atlit nasional Babel juga mendapatkan perhatian dan rewards dari Kabupaten / Kota asalnya, tidak hanya kita lempar menjadi tanggungjawab Provinsi,” kata Budi Randa.

Anggota Komisi IV DPRD Babel, Marsidi menyatakan, Komisi IV mendukung pelaksanaan Kejuaraan Daerah Pelajar Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Tak kalah penting, saya ingatkan prosedur protokol kesehatan tetap diutamakan. Jika tidak memungkinkan kehadiran penonton secara langsung, ya, jangan kita paksakan,” ujarnya.

Marsidi juga sependapat dengan paparan Budi Randa, agar atlit nasional bisa mendapatkan perhatian dari Kabupaten / Kota.

“Sependapat, kami pun sangat setuju, karena yang bersangkutan dapat membawa nama baik Provinsi, karena sebelumnya mewakili Kabupaten ia berasal,” imbuh Marsidi.

Sekretaris Komisi IV DPRD Babel, Ranto Sendhu, mengharapkan kegiatan Kejurda Pelajar dapat berjalan lancar dan sportif, meskipun dengan dana yang minim.

“Dengan dana yang minim, kita tetap melakukan yang maksimal. Koordinasi dengan Dinas Kesehatan, BPBD, Kepolisian harus dilakukan,” ujar Ranto.

Sementara Toni Mukti, mengingatkan untuk kelayakan penginapan para peserta jangan terabaikan.

“Hal – hal terkecil harus menjadi perhatian,” kata Dia. (*)