oleh

KPU Babar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Libatkan Ormas dan LSM

BANGKA BARAT – Komisi Pemilihan Umum ( KPU ) Bangka Barat menggelar Sosialisasi Pendidikan Pemilih Pemula, Pemilih Perempuan dan Pemilih Disabilitas bersama stake holder ( LSM dan Ormas ) di Resto Rumah Kebun, Muntok, Selasa ( 19/2/2019 ) pagi.

Sebanyak 80 orang perwakilan LSM dan Ormas hadir dalam acara yang diselingi dengan tanya jawab dan kuis berhadiah ini.

Divisi SDM dan Parmas KPU Bangka Barat, Yulizar selaku pemberi materi mengatakan, sebenarnya materi yang disampaikan lebih cenderung kepada pengenalan proses dan teknis di Tempat Pemungutan Suara ( TPS ).

” Ada beberapa hal, misalnya kita memperkenalkan surat suara, jadi ini penting untuk memperkenalkan surat suara yang berjumlah lima itu berikut warna dan juga kotak suara,” papar Yulizar usai acara, Selasa ( 19/2 ).

Materi lainnya yang disampaikan, kata dia, pengenalan Daerah Pemilihan ( Dapil ) 1,2 dan 3 di Bangka Barat. Juga pengenalan Calon Legislatif ( Caleg ) sesuai Dapil yang ada.

” Kemudian penting juga kita menjelaskan bagaimana cara mencoblos yang benar, ini penting karena jangan sampai nanti banyak pengalaman kita yang kemarin, khusus nya kepada rombongan ibu – ibu ini perlu karena pengalaman Pilkades atau Pemilu – pemilu sebelumnya banyak presentase yang salah dalam mencoblos sehingga kami rasa ini penting kami sampaikan,” terang Yulizar.

Sedangkan tujuan acara ini, menurut Yulizar, sosialisasi dengan sasaran stake holder, Ormas dan LSM yang didalamnya ada pemilih pemula, kelompok perempuan maupun tokoh masyarakat dan tokoh masyarakat.

” Harapan kita semua, mereka ini adalah nantinya bisa menyampaikan kepada stakeholder mereka kepada instansi mereka baik yang ada di Omas mereka, sehingga nanti harapannya informasi tersebut dapat sampai secara luas kepada segmen atau kelompok,” harap Yulizar. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed