oleh

KPU Bangka Kongke Pemilu

BANGKA — KPU Kabupaten Bangka terus menggalakkan sosialisasi dalam rangka meningkatkan angka partisipasi pemilih pada Pemilu 2019. Seperti pada Jum’at (1/3), dua kegiatan sosialisasi dilakukan di Kecamatan Belinyu yakni KPU Bangka Goes To School di SMAN 1 Belinyu dan Kongke Pemilu 2019 di Q-Ping Cafe.

Di SMAN 1 Belinyu, 100 siswa-siswi yang telah memiliki hak pilih di berikan pengetahuan kepemiluan berupa arti pentingnya Pemilu 2019 bagi pemilih pemula dan kaum milenial, hari dan waktu pemungutan suara, jenis-jenis surat suara, cara memberikan suara yang sah serta para peserta pemilu 2019.

Siswa-siswi SMAN 1 Belinyu ini juga dibekali dengan simulasi pemungutan suara. Dengan demikian, kegiatan ini diharapkan menumbuhkan kesadaran mereka untuk ikut serta dalam Pemilu, baik dalam memberikan hak suaranya, bahkan menjadi penyelenggara pemilu di TPS.

Sementara itu pada malam harinya, bertempat di Q-Ping Cafe, sosialisasi dikemas dalam bentuk Kongke Pemilu 2019. Hadir pada kegiatan itu, Ketua KPU Bangka M.Hasan yang didampingi Anggotanya Hartati, Cepenk Susanti dan Arsyil Aziz. Hadir juga Camat Restu Ing Handayani, Kapolsek AKP Faisal Fatsey, SIK, Ketua PPK Faizal Mauladan, Panwascam beserta puluhan masyarakat Belinyu yang memadati Q-Ping Cafe.

Dalam sambutannya, M.Hasan mengajak semua elemen masyarakat untuk turut menyukseskan Pemilu 2019.

“Kecamatan Belinyu dan Sungailiat dibandingkan dengan kecamatan yang ada di Kabupaten Bangka lainnya merupakan penyumbang angka partisipasi pemilih yang cukup rendah. Berbagai upaya sosialisasi tentang pentingnya arti Pemilu terus kami lakukan. Kami juga berharap partisipasi dari berbagai pihak dalam mendukung kesuksesan Pemilu 2019 ini ” ujar Hasan.

Kegiatan Kongke Pemilu bersifat santai, lebih mengedepankan dialog antara penyelenggara, stakeholder serta masyarakat sebagai calon pemilih. Kegiatan juga diselingi hiburan sehingga nampak suasana keakraban. Bertindak selaku narasumber, Komisioner KPU Bangka Cepenk Susanti. Cepenk menjelaskan tentang waktu pelaksanaan pemungutan dan penghitungan suara, para peserta pemilu, jenis dan surat suara serta tatacara pindah memilih TPS.

” Nanti di TPS pada tanggal 17 April 2019, Bapak Ibu akan mendapatkan lima jenis surat suara. Yang berwarna abu-abu untuk memilih Calon Presiden dan Wakil Presiden, kuning untuk DPR RI, Merah untuk DPD RI, biru untuk DPRD Provinsi, sedangkan warna hijau untuk memilih DPRD kabupaten ” ujar Cepenk.

Sementara itu Hartati, Komisioner KPU Bangka Devisi SDM dan Partisipasi Masyarakat menyampaikan bahwa berbagai kegiatan sosialisasi terus dilakukan KPU Bangka, diantaranya KPU Bangka Goes To School, Goes To Community, Relawan Demokrasi, Kongke Pemilu 2019 serta kegiatan lainnya.

” Kongke Pemilu 2019 merupakan kegiatan sosialisasi yang pelaksanaannya dikemas dengan suasana santai serta dilakukan di tempat-tempat mangkal masyarakat. Melalui Kongke Pemilu ini diharapkan peserta merasa nyaman dalam mendapatkan informasi kepemiluan. Kegiatannya di laksanakan malam hari agar masyarakat yang bekerja pada pagi sampai sore hari bisa mengikuti kegiatan sosialisasi ini. Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat menyadari pentingnya ikut serta dalam menggunakan hak pilihnya di Pemilu serta berimbas pada peningkatan partisipasi masyarakat” ujar Hartati. (Rilis)

Sumber : KPU Bangka

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed