HEADLINERAGAM

KRI Barakuda 633 Sandar di Dermaga Tanjung Gudang

×

KRI Barakuda 633 Sandar di Dermaga Tanjung Gudang

Sebarkan artikel ini

BANGKA — KRI Barakuda dengan nomor lambung 633, bersandar di Pelabuhan Tanjung Gudang, Belinyu, Jum’at (18/06) pagi.

Kapal perang cepat milik satuan TNI AL ini merupakan kapal seri FPB-57 Nav IV, diluncurkan pada tahun 1995 dengan dilengkapi beberapa literatur.

Kapal ini merupakan kapal kepresidenan (VIP), atau trendnya kapal protokoler dan pengamanan Presiden.

Pada era Presiden Soeharto, kapal ini dipergunakan secara khusus. Maka dari itu, KRI Barakuda 633 dipersiapkan dengan kelengkapan fitur-fitur khusus yang tak ada di kelas FPB-57 lainnya.

Berdasarkan rilis resmi yang diterima dari Lanal Babel, Danlanal Babel diwakili oleh Danposmat Belinyu Lettu Laut S. Adam Hanafie, membenarkan adanya kapal itu bersandar di Pelabuhan Tanjung Gudang Belinyu.

” Benar, mereka patroli di wilayah perairan barat Indonesia, termasuk di perairan Bangka Belitung,” ungkap Adam saat dikonfirmasi via pesan Whatsappnya, Jum’at siang.

Kapal ini juga, lanjut Adam, merupakan armada yang bertugas diperairan Indonesia bagian barat.

Masih kata Adam, selain KRI ini, kerap beberapa KRI lainnya bersandar atau singgah di Pelabuhan Tanjung Gudang, Belinyu.

Hal ini kata dia, dalam rangka melakukan pengamanan dan pengawasan terhadap kapal-kapal yang berlayar di perairan Bangka Belitung.

” Sering, sebagai bentuk pengamanan dan pengawasan kapal kapal yang berlayar maupun berlabuh di Provinsi Babel,” kata dia. (Randhu/Papen Lanal Babel)