oleh

KUB Trisa Indah Terima 170 Pcs Jaring Udang

BANGKA BARAT — PT Timah menyerahkan bantuan 170 unit jaring udang untuk KUB Trisa Indah, Desa Benteng Kota, Bangka Barat, Jumat (26/3).

Jaring udang ini akan dibagikan kepada 14 nelayan yang tergabung dalam kelompok Trisa Indah. Bantuan jaring ini diharapkan dapat meningkatkan hasil tangkapan udang nelayan, saat memasuki musim tenggara bulan depan.

Ketua Kelompok Trisa Indah, Minzuardi, mengapresiasi bantuan dari PT Timah yang telah membantu nelayan kelompoknya.

Minzuardi mengatakan, bantuan ini memang dibutuhkan. Pasalnya, nanti mereka akan menghadapi musim tenggara, dimana banyak udang yang bermunculan. Sehingga jaring udang yang baru ini bisa meningkatkan hasil tangkapan udang mereka.

“Jaring ini akan kami bagikan untuk 14 anggota, satu orang dapatnya kemungkinan 13 pacs. Ini jadi persiapan kami untuk musim tenggara bulan depan, biasanya kalau musim tenggara banyak udang. Nelayan bisa nangkap sekitar 4-8 kg,” ungkapnya.

Masih kata Minzuardi, anggota kelompok mereka mencari ikan hanya sekitar 500 meter dari bibir pantai, karena memang nelayan kecil yang hanya menggunakan perahu kolek-kolek, ada juga yang menggunakan mesin tempel.

“Kalau ngasil lumayan udang ini, sekitar Rp 100 ribu / kg. Semoga nanti banyak hasilnya, karena nelayan kita hanya cari ikan paling sekitar 500 meter dari pantai,” kata Dia.

Ia membeberkan, ini bukan pertama kali dibantu PT Timah. Sebelumnya, kelompok juga mereka pernah dibantu empat unit mesin tempel 3,5 PK. Saat ini, mesin itu telah berkembang menjadi enam unit.

“Kami pernah dibantu mesin tempel 3,5 PK. Awalnya empat unit, sekarang dikembangkan sudah jadi enam. Kami sangat terbantu dengan bantuan PT Timah ini yang memang sesuai kebutuhan nelayan. Semoga PT Timah semakin banyak hasilnya, sehinga bisa bantu kami lagi,” harapnya. (*)

Komentar

Tinggalkan Balasan