oleh

KWT Desa Nibung Bertanam Sayur Di Lahan Minim

BANGKA TENGAH — Kelompok Wanita Tani Mentari Desa Nibung, Kecamatan Koba, sukses mengembangkan pertanian bermacam sayuran dengan manfaatkan lahan minim dan pekarangan rumah.

KWT Mentari Desa Nibung yang memiliki 40 anggota ini, selain memaksimalkan lahan yang minin dan pekarangan rumah untuk bertanam tanaman sayur, tapi mereka juga memiliki kebun induk bibit sendiri.

“Anggota kami ada 40 orang, semuanya ibu-ibu rumah tangga. Kami memanfaatkan lahan kosong dan pekerangan rumah. Selain untuk konsumsi sendiri, hasil dari kebun ini juga di jual ke pasar atau warung sayuran yang dekat rumah, dan ini bisa membantu meningkatkan perekonomian keluarga,” ungkap Irmawati, salah seorang Anggota KWT Desa Nibung, Kamis (27/02/2020).

Lebih lanjut ia mengatakan, ada beberapa macam tanaman sayuran yang ditanam di kebun ini.

“Macam-macam sayuran kami tanam. Ada daun bawang, terong, sawi biasa dan sawi gren, cabai merah serta bawang merah. Alhamdulillah, hasilnya memuaskan dan bisa membantu perekonomian keluarga,” ucapnya.

Dirinyapun mengajak ibu-ibu untuk lainnya untuk lebih kreatif lagi, pergunakan lahan yang ada dengan maksimal.

“Kalau kita sudah punya niat untuk mandiri pasti bisa. Manfaatkan lahan yang ada, walaupun minim kalau diniatkan dan serius mengelolanya, Insya Allah pasti berhasil. Dari pada kita menggunakan waktu kosong untuk hal-hal yang kurang bermanfaat, lebih baik digunakan untuk berkebun, walaulun kecil tapi banyak manfaatnya,” kata dia. (Yan)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed