oleh

Lapas Klas IIA Pangkalpinang Buka Layanan Kunjungan di Hari Minggu

 15 total views

PANGKALPINANG — Lembaga Pemasyarakatan ( Lapas ) Kelas IIA Pangkalpinang, atau yang disebut LP Tuatunu, pada hari ini membuka layanan kunjungan secara umum, Minggu (23/02/20) kemarin, di gedung serba guna Lapas Klas IIA Pangkalpinang.

Kegiatan tersebut sebagai landasan umum dalam upaya Pemasyarakatan dalam menjalankan pembinaan reintegrasi sosial, agar dapat menuju kehidupan yang lebih baik serta memberikan pelayanan yang berbeda pada hari-hari yang sebelumnya.

Acara yang bertemakan ” Satu Hari Bersama Mereka ” itu dibuka langsung oleh Kalapas Klas IIA Pangkalpinang Kunrat Kasmiri, dan dihadiri oleh Kadiv Administrasi Kemenkumham Babel, Itun Wardatul Hamro, mewakili Ka Kanwil Kemenkumham Babel, Anas Saeful Anwar.

Kalapas Kelas IIA Pangkalpinang, Kunrat Kasmiri mengatakan, tujuan dari kegiatan tersebut, yang pada utamanya ialah wujud dari slogan PASTI yang di rancang oleh Kementrian Hukum dan Ham RI

” Iya, ini adalah dalam rangka kita memberikan satu hal yang inovasi. Karena salah satu hal dari motto kami yaitu PASTI, adalah Profesional, Akuntabel, Sinergi, Transparan dan Inovasi. Oleh karena itu, kita membuat inovasi bahwa di hari libur ini yang biasa kami libur. Kami berusaha memberikan pelayanan yang baik untuk masyarakat, khususnya buat warga binaan, sehingga mereka kita beri kesempatan berkumpul bersama keluarga dengan suasana yang berbeda,” jelas Kunrat.

Dilanjutkan oleh Kunrat, bahwa adanya kegiatan Satu Hari Bersama Mereka ini, merupakan wujud dari Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM, dan upaya dalam memberikan yang terbaik kepada warga binaan, meskipun dalam halnya penghuni Lapas ialah masyarakat yang melanggar hukum.

” Tujuan kami adalah memberikan yang terbaik kepada warga binaan, ini dalam rangka juga mendukung ZI ke arah Wilayah Bebas Korupsi, bahwa di hari minggu pun kami berusaha melayani kunjungan tanpa biaya apapun, jadi gratis semua. Kita layani dengan baik, petugas kami walaupun mereka libur, berusaha memberikan yang terbaik, dengan harapan kita mampu, Lapas Tuatunu ini memberikan satu pelayanan Service Excelent, Pelayanan Prima, dalam rangka intinya kita proses untuk pembinaan warga binaan,” kata dia.

Meski demikian, dalam pelayanan di Lingkungan Lapas, Kunrat mengatakan tetap menjalankan segala sesuatu sesuai dengan SOP. Oleh sebabnya, pihak Lapas juga bekerja sama dengan Kepolisian guna menjaga keamanan, agar tidak terjadi hal diluar dugaan.

” Pengamanan ada pihak Polisi, kita berkoordinasi juga, karna apapun itu juga kan kita tetap menjaga kondisi keamanan, menjaga jangan sampai ada hal2 yang tidak kita inginkan,” bebernya.

Sementara Kepala Kanwil Kemenkumham Babel, Anas Saeful Anwar, melalui Kadiv Administrasi, Itun Wardatul Hamro mengatakan, bahwa acara yang demikian sudah pernah ada di tahun sebelumnya, dan kali ini di selenggarakan oleh pihak Lapas Pangkalpinang.

” Layanan pada tahun 2016 sudah ada digagas oleh Dirjenpas, jadi memberikan waktu lebih kepada mereka (warga binaan) dihari libur,” kata Itun.

Dilanjutkan lagi oleh Itun, bahwa pembinaan pemasyarakatan meliputi tiga hal penting yang harus diketahui.

” Pembinaan itu ada tiga pilar yang pertama itu Petugas, yang kedua warga yang dibina dan yang ketiga itu masyarakat. Masyarakat itu ada keluarganya ada lembaga sosial, ada LSM yang memang sebetulnya mempunyai tugas yang sama dengan kami untuk dapat mengembalikan mereka kepada masyrakat utk mereka menjadi lebih baik,” jelasnya.

Dalam acara yang berlangsung penuh senda, tawa, isak tangis dihibur oleh para warga binaan yang memiliki keterampilan bermusik, serta juga mereka mengiringi Kalapas dan Ibu Kadiv administrasi Kemenkumham Babel bernyanyi bersama guna menghibur warga binaan dan pengunjung yang datang. (Mg/1)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed