oleh

Lestarikan Budaya Lokal Melalui Lomba Senam Bedincak Bupati Cup

BANGKA — Kejuaraan Senam Bedincak bertajuk Bupati Cup Tahun 2019 dibuka di Halaman Kantor Bupati Bangka, pada Sabtu (21/12/2019). Perlombaan tersebut merupakan upaya memperkenalkan sekaligus melestarikan budaya ataupun kreasi lokal daerah Bangka Belitung khususnya Kabupaten Bangka.

Ketua pelaksana kegiatan, Yudi Afrizal mengungkapkan, kejuaraan ini diikuti 101 kelompok peserta. Para peserta berasal dari Kabupaten Bangka hingga Bangka Barat dan Kota Pangkal Pinang juga turut memeriahkan kejuaraan senam bedincak Bupati Cup.

“Kita melibatkan para pelajar dari SD hingga SMA sederajat. Selain itu, ada juga kategori umum dan para Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang ada di lingkungan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangka,” ujar Yudi.

Ditambahkannya juga tujuan pelaksaan kejuaraan senam bedincak Bupati Cup merupakan upaya memberikan motivasi dan semangat kepada para pelajar dalam berkreasi dan memupuk rasa cinta terhadap budaya lokal. Selain itu juga sebagai sarana hiburan dan menunjang pariwisata yang ada di Kabupaten Bangka.

Sementara itu, Bupati Bangka, Mulkan, saat pembukaan mengungkapkan,senam bedincak merupakan kesenian lokal daerah yang telah dikreasikan. Sehingga perlu dikembangkan dan dilestarikan guna mendukung kepariwisataan Kabupaten Bangka

“Senam ini berasal dari tarian daerah kita, tetapi melalui modifikasi, kreasi dan tidak menghilangkan gerakan dasar menjadikan kesenian lokal yang lebih menarik. Sehingga dapat menarik wisatawan dan mendukung pariwisata di Kabupaten Bangka,” ungkap Mulkan.

Demi menunjang kesenian di Kabupaten Bangka, Pemkab Bangka juga membangun sarana dan prasarana penunjang kesenian. Diantaranya yaitu rencana pengembangan museum seni di Gedung Juang dan panggung kesenian di Hutan Kota. (Mg/2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed