oleh

Letkol Dudik Kuswoyo: Perairan Laut Bangka Belitung Kondusif

BANGKA — Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Bangka Belitung, Letkol (Laut) Dudik Kuswoyo SE. M.Tr. Hanla menyatakan, kondisi di perairan laut Bangka Belitung dipastikan kondusif dan aman.

Hal itu diungkapkan Letkol Dudik Kuswoyo, usai upacara Hari Dharma Samudera di Taman Makam Pahlawan Padma Satria Sungailiat, Kabupaten Bangka, pada Selasa (28/01/2020) pagi.

Upacara Hari Dharma Samudera itu dilaksanakan oleh TNI AL, untuk mengenang para prajurit Angkatan Laut yang gugur dalam pertempuran di Laut Arafuru. Pada pertempuran itu, KRI Macan tutul tenggelam, saat bertempur mengusir kapal angkatan laut Belanda.

“Alhamdulillah, di laut Bangka Belitung kondusif, aman. Tidak ada kapal asing seperti dulu, seprti di Laut Aru dan sebagainya,” ungkapnya.

Letkol Dudik Kuswoyo juga memastikan, tidak ada aktivitas Ilegal Fishing di perairan laut Bangka Belitung.

“Di laut Bangka Belitung saya pastikan tidak ada Ilegal Fishing. Saya pastikan tidak ada, semua sudah kondusif,” tegasnya.

Masih kata Letkol Dudik Kuswoyo, KRI yang ada di Pangkalan Angkatan Laut Bangka Belitung juga melakukan patrol rutin, dalam rangka kesiapsiagaan dan mewaspadai segala bentuk ancaman.

“Pasti, karena kita setiap hari ada KRI kita yang patrol di sini, itu patrol rutin. Termasuk Alutsista kita juga melakukan pengamanan di perairan Bangka Belitung,” kata dia.

Disinggung tentang Alutsista, menurutnya Alutsista Lanal Babel masih kurang memadai. Idealnya, kata Letkol Dudik Kuswoyo, setiap satu pos TNI AL dibekali dengan satu Alutsista.

“Kalau dibilang cukup memadai? Saya bilang itu (Alutsista) masih kurang memadai. Akan lebih baik Alutsista kita lebih banyak, kan lebih bagus. Unsur kita di laut lebih banyak, lebih bagus. Namun kita bersinergi juga dengan satuan samping seperti Polair, Basarnas dan lainnya,” bebernya.

“Saat ini kita (Lanal Babel) punya 6 Alutsista. Idealnya, satu pos satu Alutsista. Kita pos ada 12, layaknya ada 12 Alutsista,” tukasnya. (Red)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed