oleh

Mahasiswa Stisipol Pantau Pilkades Serentak

BANGKA — Untuk mengaplikasikan mata kuliah selama belajar, mahasiswa STISIPOL Pahlawan 12 Sungailiat Bangka pantau Pemilihan Kepala Desa Serentak di Kabupaten Bangka, pada Minggu (03/11/2019).

Pemantauan yang dilaksanakan para mahasiswa semester 7 Administrasi Negara tersebut, dalam rangka pengabdian kepada masyarakat. Selain memenuhi tugas mata kuliah Administrasi Pemerintahan Desa, yang di ampu oleh Ahmad Fikri

Pemantauan tersebut dilakukan di seluruh desa yang menyelenggarakan Pilkades, tak lain halnya dengan Desa Mapur, Kecamatan Riau Silip.

Mahasiswa tersebut di bagi perkelompok, masing-masing 7 sampai 9 orang per kelompok.

Adapun peserta kelompok yang ditemui diantaranya terdapat 9 anggota kelompok yang terdiri dari, Prima Suhanda, Sholihin, Iqbal, Teguh, Kristiantono, Yuni, Monica, Wiwid dan Mulyana.

Yuni Astria Safitri, selaku anggota kelompok mahasiswa yang sedang memantau Pilkades tersebut mengatakan, tujuan dari pematauan untuk melihat secara langsung proses demokrasi di desa, sekaligus mengawal pesta demokrasi apakah berjalan dengan semestinya.

” Tujuan dari pemantauan Pilkades Desa Mapur yang diadakan pada Minggu 03 November 2019, yakni melihat secara langsung proses demokrasi dalam hal pemilihan Kepala Desa Mapur, sekaligus mengawal pesta demokrasi desa, apakah berjalan sebagaimana semestinya,” ungkap Yuni.

Ia mengatakan, dalam proses pemantauan tersebut, ada hal yang menarik yang ia temukan, dimana salah satu Calon Kades menggunakan Almamater (jas kampus) dalam pas poto.

” Ada hal yg menarik dari Pilkades Desa Mapur, yakni salah satu dari Calon kepala Desa tersebut ada yang berfoto menggunakan almamater dimana tempat ia kuliah dulu,” jelasmya.

Baginya, hal tersebut menjadi hal yang menarik, dimana peran pemuda yang aktif dalam memajukan desa.

” Bagi saya ini menjadi hal yg menarik, dikarenakan peran pemuda yang aktif di dalam pencalonan Kepala Desa. Warga desa mulai membuka diri dengan kedatangan pemuda dalam pencalonan.

Lebih lanjut ia mengatakan, kondisi dari Tempat Pemilihan Suara (TPS) yang ia pantau, masih sangat kondusif dan berjalan lancar.

” Sampai saat kami memantau, kondisi di TPS cukup kondusif dan berjalan lancar. Semoga pesta demokrasi Desa serentak tahun ini bisa mewujudkan Desa-desa unggul yang berdaya saing nasional maupun internasional,” demikian Yuni. (Mg/2)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed