HEADLINEHUKUM KRIMINAL

Mantan Kades Diringkus Polsek Pemali

×

Mantan Kades Diringkus Polsek Pemali

Sebarkan artikel ini

BANGKA — Mantan Kepala Desa di Kabupaten Bangka diringkus Polsek Pemali lantaran mencuri buah sawit milik PT. Gunung Maras Lestari.

Dalam keterangan Kabag Ops Polres Bangka, AKP Teguh Setyawan seizin Kapolres Bangka, Widi Haryawan mengatakan dalam konferensi pers yang dilakukan di Mako Polsek Pemali, Rabu (20/01/2021) siang.

“Kami mendapatkan laporan pencurian tandan buah segar (TBS), setelah itu polsek melakukan penyelidikan dan mendapatkan informasi di dapat tersangka dengan inisial I alias Boim yang beralamat di Desa Sempan,” jelasnya.

Sebelumnya, pelaku bersama teman-teman pelaku tersebut memanen buah sawit tanpa izin yang ada di perkebunan sawit milik PT.GML dengan menggunakan egrek (sabit), setelah itu buah sawit tersebut diangkat dengan menggunakan ragak yang terbuat dari rotan dan diletakan di sepeda motor, kemudian buah sawit tersebut dibawa kerumah pelaku dengan inisial I.

Polsek Pemali kemudian berhasil mengamankan barang bukti berupa buah sawit 1.600 kg (60 tandan) yang sudah dijual oleh pelaku dan 2.650 kg (75 tandan) buah sawit yang belum dijual.

Tersangka Boim membantah telah melakukan pencurian. Namun dia mengakui, barang bukti tersebut hanya diletakkan di rumahnya.

“Bukan melakukan pencurian, dirumah saya hanya tempat kumpul anak-anak dan pada hari itu, mereka melakukan pencurian buah sawit di PT. GML,” ungkap Boim.

Ia juga mengatakan, dirinya pernah menjadi Kepala Desa di salah satu Desa di Kabupaten Bangka.

“Pekerjaan sekarang wiraswasta. Ia dulu pernah menjadi Kepala Desa,” ujarnya.

Atas kejadian tersebut, tersangka kemudian disangkakan pasal 362 atau pasal 463 KUHP dengan ancaman penjara 7 tahun penjara. (Sholihin)