oleh

Markus Sebut Luas Mangrove di Babar 10 ribuan Hektare

BANGKA BARAT — Bupati Bangka Barat Markus, SH., mengatakan, saat ini luas hutan mangrove di wilayah Kabupaten Bangka Barat kurang lebih 10.296 hektare, itu belum ditambah hutan mangrove yang berada di Areal Penggunaan Lain (APL).

Namun kata dia, seiring berjalannya waktu, hutan mangrove mengalami degradasi akibat beragam aktivitas manusia sehingga kondisi tanaman ini semakin kritis.

” Untuk mengurangi kondisi ini, tanaman mangrove ini tidak semata mengandalkan pemulihan secara alami, perlu dilakukan upaya perbaikan. Salah satunya dengan melakukan penanaman mangrove yang mengalami degradasi,” ujar Markus saat menghadiri acara Penanaman Bibit Mangrove dan Jambu Mente, di Pantai Ranggam Desa Belo Laut, Jum’at ( 20/3/2020 ) pagi.

Markus menambahkan, pelestarian tanaman mangrove sangat penting dilakukan sebab manfaat dari tumbuhan bakau ini sangat banyak.

” Tanaman mangrove memiliki beragam manfaat. Salah satunya melindungi erosi dan abrasi pantai. Selain itu tempat berkembang biaknya biota laut dan juga sebagai sumber pendapatan masyarakat melalui pemanfaatan ekowisata hasil hutan,” pungkasnya. ( SK )

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed