oleh

Massa Unras Datangi Kantor KPU Provinsi Babel

 24 total views

PANGKALPINANG — Massa dari Kesatuan Aksi Mahasiswa Muslim Indonesia (KAMMI) yang berjumlah kurnag lebih 30 orang bertandang ke kantor KPU Provinsi Kepulauan Bangka Belitung untuk melakukan Unjuk Rasa (Unras) diruas jalan depan Kantor KPU Provinsi Babel di jalan Raya Mentok, Kota Pangkalpinang pada Selasa (21/05/2019).

Pasalnya Aksi damai tersebut yang berbuntut menuntut penjelasan KPU Provinsi Bangka Belitung agar dapat mengklarifikasi ratusan anggota KPPS di Indonesia meninggal dunia pasca pemilu yang diadakan 17 April 2019 kemarin yang dinilai KAMMI tidak jelas kematiannya.

Koordinator lapangan KAMMI yakni Riyadi Pratama Arif mengatakan, aksi damai tersebut dilakukan agar KPU Provinsi Bangka Belitung dapat memberi kejelasan tentang ratusan anggota KPPS meninggal dunia pasca pemilu 2019 kepada masyarakat Bangka Belitung khususnya.

“Aksi damai ini kita lakukan untuk menyampaikan aspirasi kami oleh KPU Provinsi Bangka Belitung tentang ratusan Anggota KPPS yang meninggal dunia pasca pemilu 2019 yang terjadi di Indonesia kemarin” katanya.

Ketua KPU Provinsi Bangka Belitung Davitri menuturkan, aksi damai tersebut merupakan bentuk aspirasi dari pemuda-pemudi dari KAMMI yang ingin audiensi kepada KPU Provinsi Babel terkait Pemilu 2019 kemarin.

“Kita menerima aspirasi dari adek – adek dari KAMMI ini terkait hal meninggalnya ratusan Anggota KPPS yang meninggal di Indonesia pasca pemilu 2019 kemarin, jadi peryataan sikap kami sebagai KPU Provinsi Babel atas hal tersebut khususnya Babel sudah kita mendata para petugas anggota KPPS di Babel tidaka ada yang meninggal dunia, namun ada beberapa yang sakit namun sudah kita tangani, dengan memberikan santunan dan biaya lain – lain” Ujar Davitri saat diwawancarai awak media seusai aksi damai.

Davitri melanjutkan, Adapun KPU RI pusat sudah memberikan santunan kematian sebesar 36 juta rupiah kepada keluarga anggota KPPS yang meninggal dunia pasca pemilu 2019 kemarin.

Kantor KPU Provinsi Babel Dipagari Kawat Berduri

Antisipasi pihak kepolisian dalam melakukan pengamanan dalam aksi tersebut memberi pagar kawat berduri di sepanjang halaman depan dari pintu masuk kantor KPU Provinsi Babel, dan pengamanan 2 Kompi gabungan Anggota kepolisian untuk pengamanan Unras tersebut.

Seizin Kapolres Pangkalpinang AKBP Iman Risdiono Septana, Kabag Ops Kompol Sahbaini mengatakan, dalam pengamanan aksi tersebut, pihak pengamanan menerjunkan 2 kompi anggota gabungan kepolisian, 1 kompi dari Dalmas Polres Pangkalpinang, 1 kompi dari Samapta Polda Babel.

Sempat terhalang pagar kawat berduri, massa unras ini gagal masuk ke halaman kantor KPU Provinsi Babel, dengan alasan SOP pengamanan menghindar kejadian yang tidak di inginkan. (A1M)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed