HEADLINEKABAR DPRD

Masyarakat Layak Tahu

×

Masyarakat Layak Tahu

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Minimnya pengetahuan masyarakat akan Peraturan Daerah yang telah disahkan, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Heryawandi, turut melaksanakan Penyebarluasan Peraturan daerah Nomor 6 Tahun 2019 Tentang Keterbukaan Informasi Publik.

Heryawandi menjelaskan, Legislasi menjadi salah satu tugas dan fungsi DPRD, yaitu membuat Peraturan Daerah. Setelah Perda disahkan, maka segera untuk disosialisasikan ke masyarakat, agar masyarakat dapat mengetahui produk hukum yang dihasilkan oleh anggota legislatif.

“Sehingga kegiatan penyebarluasan Perda ini juga termasuk melaksanakan salah satu fungsi legislasi tersebut,” ungkap heryawandi, saat sosialiasi Perda di Desa Benteng, Kecamatan Tempilang, Kabupaten Bangka Barat, Kamis (9/9).

Masih kata Heryawandi, Informasi Publik adalah informasi yang dihasilkan, disimpan, dikelola, dikirim, dan/atau diterima oleh suatu badan publik yang berkaitan dengan penyelenggara dan penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

“Tak hanya Pemda, penyelenggara dan penyelenggaraan badan publik lainnya seperti DPRD juga menjadi subjek dalam Perda ini, yang semuanya diatur dengan Peraturan Daerah ini,” jelasnya.

Heryawandi, mengingatkan, kepada masyarakat agar tetap berhati-hati dengan informasi palsu atau hoaks. Dampak dari hoaks ini sangat besar, terutama jika tidak dicerna dan dikonfirmasi lebih lanjut terkait sumber validnya.

“Saat ini adalah era keterbukaan informasi, tidak ada yang ditutup-tutupi. Dengan informasi, dapat membuat masyarakat lebih cerdas dan berkualitas. Tugas kita, bagaimana membuka informasi sebesar-besarnya. Namun juga harus berhati-hati dengan informasi hoaks. Kita, jangan mudah termakan dengan isu-isu hoaks tersebut,” pesan legislator Golkar ini. (*)

Sumber : Publikasi Setwan

READ  Dewan Ingatkan PKS, Ikhsarudin : Harga Sawit Jangan Dijadikan Ajang Poliik