HEADLINE

Masyarakat Pesisir Disuntik Vaksin Astrazeneca

×

Masyarakat Pesisir Disuntik Vaksin Astrazeneca

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Sat Polair Polres Bangka Barat menggelar vaksinasi dosis pertama di markasnya di Kampung Tanjung, Kelurahan Tanjung, Kecamatan Muntok, Minggu ( 29/8 ).

Dalam kegiatan ini, Sat Polair menggandeng Puskesmas Muntok dan Puskesmas Kundi yang masing – masing menurunkan 10 tenaga kesehatannya untuk melayani masyarakat yang ingin divaksin.

Kasat Polair, AKP Candra Wijaya mengatakan, sesuai perintah Kapolda melalui Kapolres Bangka Barat, pihaknya
menggiatkan masyarakat agar mau melakukan vaksinasi bersama – sama.

” Tujuannya melawan Covid – 19. Kita utamakan ke masyarakat pesisir, nelayan, ABK kapal yang memang mereka terkadang jarang untuk ke darat mengikuti gerai – gerai yang ada. Makanya kita inisiatif untuk mengadakan disini agar semuanya bisa tersentuh oleh vaksinasi ini,” jelas Candra disela kegiatan.

” Ya alhamdulilah mereka antusias, target kita hari ini 200 dan sampai sekarang masih berjalan,” sambungnya.

Sementara itu, Kepala Puskesmas Muntok yang ikut hadir di lokasi kegiatan menjelaskan, vaksin yang digunakan di markas Polair adalah dosis pertama Astrazeneca.

Selanjutnya untuk penyuntikan dosis kedua akan dilakukan tiga bulan lagi di tempat yang sama, tepatnya tanggal 25 November 2021.

” Jumlah vaksin kita siapkan 200 dosis. Percepatan segera kita lakukan menuju herd immunity Bangka Barat menuju zona hijau. Ini pertama kali Astrazeneca digunakan. Terkait KIPI mereka sudah kita edukasi maintenance di rumah,” katanya.

Sejauh ini pihaknya belum menerima keluhan terkait Kejadian Ikutan Pasca Imunisasi atau KIPI. Namun terdapat 4 orang yang ditunda penyuntikannya karena terkendala kondisi kesehatan.

” Jumlah yang divaksin 125 orang dan 4 orang tunda karena tidak layak kondisi kesehatannya, darah tinggi dan gula,” pungkas Harianto. ( SK )