oleh

Meningkatkan Ekonomi Masyarakat Melalui Desa Wisata

 51 total views

BANGKA TENGAH — Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah terus berupaya meningkatkan ekonomi kerakyatan dan pendapatan daerah di tengah Pandemi Covid-19, melalui sektor pariwisata.

Upaya tersebut dibuktikan melalui Pilot Project pembentukan Desa Wisata 2021 di Bangka Tengah, yang difokuskan di Desa Perlang, Kecamatan Lubuk Besar, Bangka Tengah.

“Desa Wisata ini merupakan salah satu strategi pemerintah daerah untuk meningkatkan ekonomi kerakyatan dari bidang pariwisata, karena Desa Wisata memiliki peranan penting sebagai wadah masyarakat dalam pengelolaan potensi pariwisata di tempatnya,” ujar Wakil Bupati Bangka Tengah Herry Erfian, Senin (21/6).

Lebih lanjut dikatakan Erfian, pembentukan Desa Wisata ini adalah alternatif peningkatan perekonomian masyarakat setempat di tengah pandemi Covid-19, dan ini juga merupakan inovasi yang harus dimaksimalkan sehingga mampu meningkatkan ekonomi

“Pembentukan Desa Wisata sangat bermanfaat bagi kita semua, mengingat saat ini kondisi pemerintah, baik pusat maupun daerah pertumbuhan ekonominya sedikit terhambat Pandemi Covid-19, karena pendanaan untuk daerah harus dialihkan pada penanganan Covid. Jadi, ketika ada kegiatan dan potensi seperti ini harus segera manfaatkan dengan sebaik mungkin, sehingga mampu memberikan manfaat dalam meningkatkan ekonomi,” ujar Erfian.

Namun, lanjut Erfian, karena saat ini kita berada di tengah Pandemi Covid-19, dalam menjalankan dan mengelola kawasan wisata harus tetap ketat menjalankan protokol kesehatan sesuai anjuran pemerintah.

“Ekonomi harus tetap berjalan untuk itu dalam pengelolaan pariwisata harus tetap menjalan protokol kesehatan, sehingga semua berjalan dengan baik dan lancar sesuai harapan kita semua, selain itu juga harus optimis bahwa dunia wisata tetap bisa berkembang di masa pandemi ini,” Pungkasnya. (Hari Yana)

News Feed