EKONOMI BISNISHEADLINE

Menuju Masa Depan Hijau

17
×

Menuju Masa Depan Hijau

Sebarkan artikel ini
Simbolis peresmian solar panel Cabang Makassar melalui pemotongan pita pada Selasa (27/6) oleh Marketing NMC Director FIFGROUP, Daniel Hartono*) (tengah), bersama Astra Multifinance (AMF) President Director, Ardian Prasetya (kanan), dan NMC Financing Marketing Regional II Division Head FIFGROUP, Ronald Bintoro (kiri).

MAKASSAR – Cerahnya sinar matahari Kota Makassar, Provinsi Sulawesi Selatan, pada Selasa (27/6) siang menyambut seluruh peserta peresmian instalasi solar panel (panel surya) berkapasitas 10 kilowatt-peak (KWp) oleh PT Federal International Finance (FIFGROUP).

Peresmian itu adalah bentuk komitmen perseroan sebagai upaya dalam melanjutkan proses transformasi energi.

Kota Makassar yang merupakan salah satu kota dengan intensitas cahaya matahari yang sangat besar, terpilih menjadi titik ketigabelas tempat pemasangan fasilitas solar panel FIFGROUP tepatnya di kantor Cabang FIFGROUP Makassar.

Pemasangan fasilitas itu melanjutkan inisiatif sebelumnya yang sudah berjalan di Kota Surabaya, Medan, Denpasar, Pekanbaru, serta tujuh titik sebelumnya di tahun 2022 dan satu cabang di 2019 dengan total kapasitas 140,4 KWp.

Inisiatif ini sejalan dengan misi dunia saat ini yang sedang memberikan perhatian penuh dan bergandengan tangan dalam melakukan transformasi energi untuk mengurangi emisi gas rumah kaca hasil pembakaran bahan bakar fosil (bahan bakar minyak, batu bara).

Bagaimana tidak? Pembakaran bahan bakar fosil secara massif menjadi penyebab utama naiknya suhu di permukaan bumi yang berdampak kepada rusaknya ekosistem lingkungan hidup.

Hal itu disampaikan oleh Marketing NMC Director FIFGROUP, Daniel Hartono*), saat proses peresmian berlangsung di Cabang FIFGROUP Makassar.

“Adopsi Energi Baru Terbarukan (EBT) merupakan prioritas utama bagi seluruh organisasi, perusahaan, lembaga secara global guna mendukung penerapan aspek Environment, Social, and Governance (ESG) untuk mencapai kehidupan yang berkelanjutan dan resilient, sehingga inisiatif baik ini sangat penting bagi kita mengingat dampaknya kepada masyarakat dan lingkungan yang sangat besar,” kata Daniel.

Salah satu keuntungan dari penggunaan solar panel adalah mengurangi ketergantungan penggunaan sumber energi bahan bakar fosil, sehingga berkontribusi secara langsung dalam memerangi perubahan iklim yang sedang terjadi saat ini.

Solar panel dapat menghasilkan energi listrik yang bersih dan ramah lingkungan tanpa menghasilkan emisi.

Lebih lanjut, Daniel juga menjelaskan bahwa penggunaan solar panel yang sudah dilakukan di seluruh cabang FIFGROUP termasuk Cabang Makassar secara tidak langsung turut menyumbangkan kelebihan energi yang didapatkan ke jaringan listrik miliki Perusahaan Listrik Negara (PLN).

“Dengan sistem solar panel yang dipasang secara on grid, energi cahaya matahari yang berhasil diserap dan menghasilkan listrik namun tidak digunakan, maka energi tersebut akan dikirim ke jaringan listrik milik PLN.

Tentunya ini menjadi kontribusi positif perusahaan terhadap pasokan energi bersih yang disediakan oleh PLN,” jelas Daniel.

Inisiatif Positif

Melalui program instalasi solar panel yang gencar dilakukan saat ini, diharapkan dapat menjadi inisiatif baik dalam memberikan dampak positif bagi keberlanjutan ekosistem lingkungan hidup di bumi dan kehidupan di generasi yang akan datang.

Saat ini, FIFGROUP juga turut menggaungkan program kampanye #CARE yang berarti Create Action, Rescue Earth (CARE) dalam mewujudkan aksi nyata perseroan melalui dengan berfokus meningkatkan awareness karyawan untuk mencapai target keberlanjutan pada tahun 2030.

Pada kampanye ini, FIFGROUP membaginya menjadi 3 inisiatif, yaitu #CAREforWaste, #CAREforPeople, dan #CAREforGreenLeaving.

Untuk #CAREforWaste, FIFGROUP mendorong karyawannya untuk turut berpartisipasi untuk bijak dalam menggunakan air, mengurangi penggunaan kertas yang berlebihan, hingga penggunaan botol plastik di area kantor.

Melalui #CAREfoPeople, FIFGROUP berinisiatif menciptakan lingkungan kerja yang aman, sehat, dan inklusif melalui program rekrutmen untuk pegawai disabilitas dan juga program inspeksi safety riding yang ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan karyawan dalam berkendara yang aman.

Untuk program #CAREforGreenLiving, FIFGROUP berinisiatif menciptkan kehidupan yang berkelanjutan melalui program yang mendorong karyawan dalam menghemat penggunaan listrik khususnya Air Conditioner sebagai salah satu penyebab penggunaan listrik berlebihan,

Program ini akan terus digencarkan oleh perusahaan, sehingga kedepannya aksi keberlanjutan tidak hanya dilakukan oleh perseroan tetapi dimulai dari hal kecil yang dapat dilakukan oleh seluruh karyawan perusahaan hingga masyarakat yang merasakan dampaknya. (*)