oleh

Meriahnya Nganggung Akbar Dan Festival Telok Seroja

PANGKALPINANG — Dalam rangka Hari Jadi Kota Pangkalpinang ke – 262 Tahun, Pemerintah Kota Pangkalpinang mengadakan kegiatan Nganggung Akbar dan Festival Telok Seroja di Rumah Dinas Walikota Pangkalpinang, Selasa (17/09/2019) sore kemarin.

Dalam sambutannya, Walikota Pangkalpinang, H. Maulan Aklil, mengatakan Nganggung Akbar dan Festival Telok Seroja adalah khas Kebudayaan Bangka Belitung.

“Nganggung ini budaya asli dari Bangka Belitung. Jadi yang dari luar Bangka kami perkenalkan makanan yang ada di depan bapak ibu ini, yang dulu waktu kami masih kecil – kecil, kami intip apa isi nya ini,” ungkap pria yang akrab disapa Molen.

Masih lanjutnya, Ia mengatakan sampai saat ini untuk dulang yang sudah terkumpul kurang lebih 2000 dulang yang tersedia.

“Alhamdulillah, menurut informasi, dulang yang terkumpul sampai detik ini kurang lebih 2000 dulang. kalau di kalikan masing – masing satu dulang makan nya orang 4, maka kurang lebih 8 ribu orang yang hadir,” kata Molen.

Orang nomor satu di Kota Pangkalpinang ini juga mengatakan jumlah telok seroja yang ada sebanyak 2620 telor. Sesuai dengan jumlah Hari Jadi Kota Pangkalpinang.

“Telok Seroja ini merupakan adat istiadat Bangka Belitung. Juga untuk memperingati hari besar satu Muharam, kadang Maulid Nabi dan kebetulan hari ini kita memperingati Hari Jadi Kota Pangkalpinang ke – 262 Tahun,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Molen juga mengumumkan nama pemenang dari Sayembara Putri Tercinta nya yang bernama Pegeka Aretha Ghaniya Maulana.

“Sesuai dengan janji saya, yang menang sayembara itu adalah Richat Okayasa. Kebetulan beliau adalah Sekretaris Camat Taman Sari, dan terima kasih atas partisipasinya,” imbuhnya. (Adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

News Feed