oleh

Mulai Besok, Sudah Bisa Suntik Vaksin Dosis ke Empat

BANGKA TENGAH — Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bangka Tengah, melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit, Mukhrim mengungkapkan, mulai besok tenaga kesehatan akan mulai melakukan penyuntikan vaksin dosis ke empat atau booster kedua.

Dikatakannya, penyuntikan vaksinasi dosis ke empat atau disebut juga vaksin booster kedua itu dilakukan di masing-masing fasilitas kesehatan.

“Jadi sistemnya tidak dilakukan secara terpusat, tapi di Puskesmas masing-masing wilayah,” kata Mukhrim Jumat (5/8/2022).

Lebih lanjut dia mengatakan, penyuntikan vaksin booster kedua tersebut juga akan ditata, mengingat jarak penyuntikan dari booster pertama ke booster yang kedua minimal harus enam bulan. Jenis vaksin yang digunakan nantinya adalah vaksin Pfizer dan vaksin Moderna.

“Sampai sekarang pun masih ada beberapa nakes yang jarak penyuntikan dari vaksin booster pertama belum sampai enam bulan,” sambungnya.

Ia juga menghimbau bagi masyarakat yang belum divaksin Covid-19 sama sekali, tetap bisa menerima pelayanan penyuntikan vaksin di Puskesmas manapun dengan syarat cukup membawa KTP.

“Untuk stok vaksin Covid-19 di Puskesmas masih tetap tersedia, baik untuk dosis 1, dosis 2, maupun booster,” jelasnya. (Dika)