oleh

Nama Makanan Khas Bangka Kini Menjadi Kafe

BANGKA– Kiping merupakan makanan khas masyarakat Bangka, berisikan adonan gandum, gula, dan sedikit garam lalu hanya digoreng diatas wajan panas yang dipoles dengan mentega.

Nama makanan khas itulah kini menjadi sebuah inovasi bagi salah satu pelaku usaha kuliner asal Kecamatan Belinyu yaitu Muhammad Primadewa.

Pria anak dua yang kerap disapa Ewa ini mengambil nama kiping menjadi nama tempat usaha kulinernya yaitu Qpink kafe.

Beragam menu yang tersedia, tak hanya itu tempat itu juga menjadi tempat kongkow bareng segala kaula, walaupun hanya sebatas ngopi bareng.

Ditemui di Belinyu, Ewa mengaku nama kafe Qpink itu diambil dari salah satu makanan khas Bangka yaitu kiping.

” Iya bro, makanan khas kita itu, itu lah namanya jadi Qpink,” Kata Ewa, Kamis (25/03) malam.

Di kafe Qpink sendiri kata Ewa juga menyediakan makanan khas kiping itu dengan tiga varian rasa.

” Ada, tetep ada menu kiping nya, ada 3 varian rasa, ada Kiping ORI, Kiping susu keju, dan Kiping coklat keju,” Kata Ewa

Selain menyediakan berbagai macam makanan lainnya, Ewa menuturkan, khusus kopi dia masih menggunakan produk biji kopi pribumi dari Belinyu yaitu Apin Kopi.

Kafe yang dibuka pada 28 Oktober 2016 silam, dengan mendatangkan salah satu artis rock lawas yaitu Roy Jeconiah eks vocalis band rock Boomerang.

Para pengunjung kafe tak lengkap rasanya tidak dihibur live musik, di Qpink sendiri kata Ewa menyediakan live musik akustik dengan jadwal yang sudah ditentukan.

” Kalau live musik ada, setiap Senin, Rabu, Jum’at dan Sabtu,” Ujarnya.

Namun meski asyik menggeluti usaha kulinernya, tak menampik Ewa mengaku mengalami penurunan omset pasca virus Corona melanda negeri.

” Habis bro, anjlok total semasa Corona, hehe,” Tuturnya sumringah.

Kendati begitu, hingga saat ini Qpink kafe masih tetap eksis dan mengudara, para penikmat kuliner ataupun yang pengen ngopi-ngopi silahkan datang langsung ke Qpink kafe yang beralamat di Jalan Muhidin Belinyu, atau tepatnya di eks gudang ajad Belinyu, dan jangan lupa tetap patuhi anjuran protokol kesehatan dari pemerintah. (Randhu)

News Feed