BANGKA BARATHEADLINE

Nelayan Bangka Barat Dapat Bantuan 7 Unit Perahu dari DKP

×

Nelayan Bangka Barat Dapat Bantuan 7 Unit Perahu dari DKP

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Dinas Kelautan dan Perikanan ( DKP ) Kabupaten Bangka Barat menyalurkan bantuan tujuh unit perahu lengkap dengan mesinnya kepada para nelayan, di halaman Kantor DKP, Selasa ( 2/11 ) pagi.

Bantuan yang disalurkan adalah
tujuh perahu dan mesin tempel 18 PK
untuk tujuh kelompok nelayan serta mesin tempel 3,5 PK, sebanyak 20 unit untuk 11 kelompok nelayan.

Bantuan lain berupa mesin pakan sebanyak empat paket untuk empat Kelompok Pembudidaya Ikan Kecil (Pokdakan).

Selain itu, bantuan benih ikan lele sebanyak 50 ribu ekor, benih ikan nila sebanyak 25 ribu, pakan pertumbuhan sebanyak 8.880 kilogram serta pakan Pf 1.000 sebanyak 1.400 kilogram juga ikut disalurkan.

Bupati Bangka Barat, H. Sukirman yang turut hadir pada acara penyerahan mengatakan, bantuan tersebut merupakan program DKP dan diberikan dalam rangka meningkatkan perekonomian di tengah pandemi Covid-19 saat ini.

” Kita berharap dengan adanya bantuan nelayan ini, untuk meningkatkan perekonomian masyarakat nelayan. Memang nggak banyak tapi setidaknya Pemkab Bangka Barat peduli dan menunjang kegiatan masyarakat di tengah pandemi Covid-19,” kata Sukirman.

Di lain pihak, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Bangka Barat, Yopie Mardiana menuturkan, ke depan pihaknya tetap berupaya memberikan bantuan kepada para nelayan, namun harus ada proposal dulu yang ditujukan ke DKP.

Menurut dia, anggaran perahu bersumber dari Dana Alokasi Khusus ( DAK ) APBN, sedangkan bantuan lainnya bersumber dari APBD Bangka Barat.

” Bantuan ini ada verifikasinya ada proposal permohonan dari mereka, karena yang paling penting sudah terverifikasi. Untuk anggaran perahu dan mesin dari DAK, lalu untuk bibit, benih, pakan dari APBD Pemkab Bangka Barat,” terang Yopie.

Alfi, salah seorang nelayan asal Kecamatan Tempilang merasa bersyukur mendapatkan uluran batuan dari DKP Bangka Barat.

” Perahu ini untuk melaut lah, mancing dan lain – lain. Kita merasa terbantu dengan adanya bantuan ini,” ujar Alfi.

Kepala Kelompok Koperasi Amanah Sejahtera Desa Sukal, Karian juga mengapresiasi bantuan dari DKP.
Ia mengatakan akan segera menyalurkannya kepada para anggota.

” Terima kasih yang sudah membantu, bantuan ini akan kita terapkan ke anggota kita. Hal ini agar anggota kita, bisa lebih berkembang dan maju berkat bantuan ini,” ujar Karyan. ( SK )