HEADLINEOPINI

Online Quizizz Solusi Penilaian Pembelajaran Jarak Jauh

×

Online Quizizz Solusi Penilaian Pembelajaran Jarak Jauh

Sebarkan artikel ini

Pada masa pandemi Covid-19 sekarang ini, memberikan tantangan khususnya bagi dunia pendidikan. Memasuki bulan kedua di tahun 2021, pandemi covid-19 belum juga usai, jumlah kasus positif masih bertambah setiap harinya.  Meskipun saat ini vaksin covid-19 telah siap untuk diberikan kepada masyarakat, namun demi mencegah semakin meluasnya penyebaran virus ini, pembatasan masih diberlakukan dalam kehidupan masyarakat.

Dalam dunia pendidikan, wacana  sekolah akan kembali dibuka pada awal semester genap yang dimulai pada bulan januari 2021, seperti pernah diiutarakan oleh Mendikbud, pada akhirnya terpaksa kembali ditunda demi melindungi peserta didik maupun seluruh warga sekolah dari paparan virus covid-19.

Pembelajaran harus tetap dilakukan sehingga dengan sistem pembelajaran jarak jauh. Guru harus mendesain pembelajaran yang efektif bagi siswa. Selain itu, penilaian pembelajaran daring yang efektif juga harus diperhatikan, karena digunakan sebagai evaluasi pembelajaran selanjutnya.

Untuk mengupayakan pembelajaran jarak jauh yang efektif, perlu dilakukan persiapan secara menyeluruh dari berbagai pihak. Yang paling utama dilakukan adalah bagaimana mempersiapkan metode pembelajaran dan metode asesmen yang digunakan. Metode dan alat penilaian baru telah semakin banyak digunakan dalam pembelajaran dalam kurikulum 2013.

Namun, masih sedikit usaha yang dilakukan guru untuk mengembangkan evaluasi yang efektif dengan berbagai teknik untuk dapat digunakan dalam pembelajaran di masa pandemi ini. Banyak evaluasi yang digunakan sebelumnya dirasa tidak lagi efektif dalam masa pandemi sekarang ini. Hal ini disebabkan oleh adanya keterbatasan ruang antara siswa dan guru.

Penilaian dapat diartikan sebagai proses mengumpulkan dan mengolah informasi yang digunakan untuk mengukur ketercapaian hasil belajar siswa. Sesuai dengan pihak yang melakukan penilaian, penilaian pembelajaran yang dilakukan oleh guru bertujuan untuk pemantauan dan pengevaluasian proses, kemajuan belajar, dan umpan balik siswa yang dilakukan secara terus menerus.

Penilaian pembelajaran dapat mencakup tiga aspek yaitu aspek kognitif, afektif dan psikomotorik. Sesuai dengan standar penilaian pendidikan yang ada dalam kurikulum 2013 dijelaskan bahwa penilaian mencakup penilaian autentik, penilaian diri, penilaian berbasis portofolio, ulangan, ulangan harian, ulangan tengah semester, ulangan akhir semester, ujian tingkat kompetensi, ujian mutu tingkatan kompetensi, ujian nasional, ujian sekolah.

Dari sini dapat dijelaskan bahwa dalam kurikulum 2013, penilaian tidak hanya mencakup penilaian hasil belajar tetapi juga penilaian proses belajar.
Dengan diberlakukannya pembelajaran daring, online, atau pembelajaran jarak jauh di masa pandemi Covid-19 ini, guru khususnya harus benar-benar lebih ekstra dan peka dalam menghadapi pembelajaran seperti ini.

Memikirkan bagaimana pembelajaran yang sangat efektif bagi siswa, sehingga pembelajaran yang dilakukan seperti halnya pembelajaran di kelas. Memang pasti beda dengan pembelajaran di kelas, namun bagaimana mengemas pembelajaran daring ini, siswa juga antusias dalam pembelajaran.

Bagaimana penilaian pembelajaran secara daring itu tidak membebani siswa dan siswa lebih bertanggungjawab serta semangat dalam proses penilaiannya. Salah satu alternative pilihan aplikasi yang bisa digunakan guru untuk melakukan proses penilaian pembelajaran jarak jauh adalah aplikasi online QUIZIZZ.

Quizizz adalah aplikasi gamifikasi berbasis daring gratis yang dapat dibuka melalui browser web. Melalui aplikasi ini, guru dapat menggabungkan instruksi, review dan evaluasi. Guru dapat terkoneksi dengan seluruh guru-guru didunia dan dapat mengakses quiz daring yang dibuat oleh guru-guru lainnya secara cuma-cuma.

Oleh karena itu, guru dapat menjadi se-kreatif mungkin di kelas dan tidak akan kehabisan ide. Pembelajaran berbasis permainan ini dapat dikerjakan dalam mode ‘live’ diruangan kelas atau dapat juga diberikan sebagai pekerjaan rumah dalam mode ‘homework’.

Hal ini sangat mungkin karena Quizizz menyediakan timer; kapan quiz akan dibuka dan kapan akan berakhir. Siswa hanya perlu diberikan game pin dan mereka akan tetap dapat belajar dimana pun mereka berada. Siswa pun dapat mengerjakan kuis ini baik dalam bentuk kelompok maupun tugas individu. Aplikasi quizizz dapat diakses di laman https://quizizz.com/.

Keunggulan Pada quizizz ini misalnya pada mata pelajaran matematika tersedianya equation yang berupa tulisan bukan gambar setelah di inputkan formula matematika dan berada di kalimat pernyataan atau pertanyaan yang dibuat. Sehingga dalam tampilan ini, quizizz sesuai dan menarik.

Kemudian equation yang diinputkan tidak masuk kalimat pernyataan atau pertanyaan yang dibuat, ada yang berupa tulisan, sehingga tidak masuk dalam kalimat yang dibuat. Pada quizizz ini, equation tidak perlu menginstal dan/atau disinkronkan dengan aplikasi pencarian seperti google chrome, mozilla, atau yang lainya. Sehingga keunggulan dan kelebihan aplikasi ini sesuai dan cocok untuk diterapkan.

Berbagai aplikasi online sebenarnya juga didukung dengan equation. Namun berbeda dengan aplikasi online quizizz ini. Selain itu Keunggulan quizizz adalah dibagian pengerjaannya yang menyesuaikan dengan kecepatan siswa. Siswa tidak akan dinilai berdasarkan cepat tidaknya menjawab soal. Disamping itu nilai dapat di unduh dalam bentuk dokumen excel, sehingga memudahkan guru dalam melakukan penilaian.

Adanya aplikasi online quizizz berharap dapat dijadikan sebagai alternatif penilaian pembelajaran yang berpusat pada siswa, terutama untuk menunjang pembelajaran di era pandemi seperti sekarang ini. Quizizz yang berbasis games dapat sebagai alternatif penilaian pembelajaran yang dikemas dengan menarik dan tidak monoton, diharapkan mampu memotivasi siswa untuk lebih giat belajar sehingga siswa akan merasa tertantang dan tertarik untuk serius dalam proses penilaian pembelajaran.

Zhao (2019) dan Mei, Ju, dan Adam, (2018) menemukan bahwa Quizziz berdampak positif pada proses pembelajaran di ruangan kelas dimana nilai yang diperoleh lebih tinggi dan meningkatkan kerjasama antar siswa dalam kerja kelompok. Hal ini sangat positif, dan dinilai dapat juga menjadi solusi terhadap penggunaaan gadget di ruangan kelas. (*)