HEADLINEPANGKALPINANG

Operasi Katarak Gratis Program Tahun PDI Perjuangan

×

Operasi Katarak Gratis Program Tahun PDI Perjuangan

Sebarkan artikel ini

PANGKALPINANG — Yayasan Rudi Center bersama Dewan Pimpinan Cabang Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan Kota Pangkalpinang, kembali melaksanakan operasi katarak gratis bagi masyarakat pulau Bangka Belitung.

Operasi katarak itu berlangsung selama 3 hari, terhitung mulai 20-23 Juni di RSUD Depati Hamzah Kota Pangkalpinang.

Sebelum melakukan tindakan operasi para pasien melakukan screening, bertujuan untuk menentukan apakah kondisi calon pasien diperbolehkan atau tidak secara medical untuk dilakukan tindakan operasi katarak.

Terhitung sebanyak 1040 orang pasien yang sudah mendaftarkan diri untuk melakukan operasi katarak gratis itu.

Rudianto Tjen anggota DPR RI Daerah Pemilihan Bangka Belitung mengatakan, operasi katarak ini sudah dilakukan sejak awal tahun 2000, hingga saat ini masih konsisten menjalankan amanah pimpinan umum PDI Perjuangan, untuk membantu masyarakat di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Salah satu program nya untuk membantu masyarakat kita secara umum adalah program operasi katarak ini. Program operasi katarak ini sudah dimulai dari awal-awal tahun 2000-an, sudah belasan kali kita lakukan untuk masyarakat yang mengalami gangguan penglihatan,” ungkap Rudianto Tjen saat memberikan sambutan operasi katarak di RSUD Depati Hamzah. Senin (20/6/2022).

Lebih lanjut dikatakan Politisi Senior PDI Perjuangan itu, operasi katarak ini menelan biaya tidak sedikit, sesuai arahan partai pihaknya bisa melaksanakan program tahunan ini.

“Karena operasi katarak ini luar biasa besar biayanya. Tetapi arahan dari Ketua Umum kita semua gotong royong untuk melakukan ini, walaupun sempat tertunda akibat COVID-19. Alhamdulillah, para bapak-ibu semuanya antusias sekali mengikuti operasi katarak ini,” jelasnya.

Hal senada juga dikatakan Ketua DPR RI, Puan Maharani. Menurutnya kegiatan operasi katarak ini sudah menjadi agenda tahunan PDI Perjuangan membantu masyarakat.

“Operasi katarak ini biasanya dilakukan setiap tahun rutin. Tadi sudah disampaikan bahwa selama dua tahun ini berhenti karena pandemi Covid-19. Saya selalu menanyakan kepada masyarakat ada manfaatnya nggak operasi katarak ini? Karena ini kalau dilaksanakan secara mandiri rata-rata biayanya itu 7-15 juta, ini kita bisa laksanakan secara gratis,” kata dia. (Dika)