oleh

Pandemi Merubah Segalanya

Oleh : Astri Yuliana Dewi
Mahasiswi Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah (PGMI 5A) STAINU TEMANGGUNG

Dunia telah dihebohkan dengan virus mematikan, tidak sedikit dari mereka yang ketakutan akan adanya virus tersebut. Virus ini dikenal dengan nama corona namun akhir-akhir ini virus ini sering disebut dengan nama covid-19. Awal mula datangnya virus ini barasal dari China lebih tepatnya di kota Wuhan 31 Desember 2019. Saat ini virus corona telah meyebar diselurh penjuru dunia salah satunya Indonesia. Virus ini tidak memandang bulu siapa yang akan diserangnya. Miskin, kaya, tua, muda bahkan balita juga bisa terserang virus ini. Virus ini menyerang secara diam-diam, tak ada orang yang dapat melihat secara langsung bentuk fisik dari virus ini. Banyak orang dikelilingi oleh rasa cemas hingga takut. ketakutan mereka bisa saja mengundang virus untuk datang, dikarenakan virus ini akan menyerang orang-orang yang imunnya lemah.

Telah banyak perubahan didunia karena adanya pandemi. Baik dalam dunia pendidikan, ekonomi bahkan politik. Perubahan yang ditimbulkan ada yang sifatnya positif maupun negative.

Pendidikan

Pendidikan adalah hak anak yang tidak boleh diabaikan, termasuk saat kondisi darurat saat ini. Karena, Pendidikan merupakan kunci masa depan Indonesia. Lantas bagaimana penerapan dan praktik yang dapat dilakukan pada pandemi covid-19 saat ini?

Hal yang pertamakali harus disiapkan yaitu kesehatan, seperti pepatah yang mengatakan sehat itu mahal harganya. Apalagi dimasa pandemi seperti ini, sudah banyak korban yang terkena virus mematikan dan tidak sedikit dari mereka yang meninggal karena virus ini, maka dari itu supaya kita tidak tertular dengan virus, harus menaati protokol kesehatan.

Sejak adanya pandemi, kegiatan pendidikan secara tatap muka telah diberhentikan dan solusinya digantikan dengan pembelajaran sistem daring. Yang mana dalam sistem daring ini mengandalkan sebuah teknologi dengan jaringan. Akan tetapi tidak semua anak memiliki tingkat ekonomi yang sama. Banyak dari mereka yang memiliki tingkat ekonomi rendah, lantas apa solusinya? Tidak mungkin kita memaksakan anak untuk memiliki fasilitas yang dapat menunjang kegiatan belajar sistem online ini. Jadi solusi termudah bagi pengajar ataupun guru adalah dengan cara membuat video, yang mana video ini bisa dibagikan lewat sistem daring maupun luring. Namun apabila tidak memungkinkan bisa dengan sistem home schooling ataupun Home Visit yang mana guru mendatangi rumah siswa, jikalau tidak memungkinkan bagi guru maka bisa dengan mengajar dalam skala kecil yang mana siswa melakukan pembelajaran dalam satu rumah yang terdiri dari 4 hingga 5 siswa dikumpukan menjadi satu, namun tetap harus mematuhi protocol kesehatan. Ingat cuti boleh tapi belajar jangan berhenti

Ekonomi

Dampak pandemi ini tidak hanya berpengaruh pada dunia pendidikan melainkan dalam dunia perekonomian juga sangat berpengaruh. Saat ini Indonesia sedang dalam posisi kritis. Terpuruknya ekonomi tampak terlihat jelas pada pertumbuhan ekonomi yang hanya mencapai 2,97 persen saja pada kuartal 1-2020.

Banyak pengusaha maupun pedagang yang gulung tikar dikarenakan pandemi ini. Banyak juga para pekerja buruh yang terkena PHK. Pandemic covid-19 ini juga sangat mempengaruhi ekonomi bagi para petani, baik itu petani sayuran maupun tembakau.

Saat ini Temanggung telah dihebohkan dengan adanya pandemic covid-19. Kebanyakan masyarakat temanggung biasanya mengandalkan tembakaunya namun karena adanya pandemic ini, hampir semua petani tembakau mengalami keterpurukan. Tahun-tahun sebelumnya petani tembakau selalu mengalami kejayaan akan tetapi pandemic ini telah menyebabkan kelumpuhan bagi para petani tembakau. Harga tembakau anjlok begitu saja bahkan tidak semua tembakau dapat diterima, baik itu dari gudang garam maupun djarum. Hampir semua petani tembakau merasa kebingungan saat menjual hasil olahannya, bukan itu saja karena dihargai dengan begitu rendahnya tidak sedikit dari mereka yang mengalami kerugian, dari ribuan, jutaan hingga ratusan juta. Lantas apa solusi terbaiknya?

Solusi terbaik adalah pemerintah harus hadir untuk mendorong kemitraan produksi antara petani tembakau dengan pemasok atau industry rokok baik itu Djarum maupun Gudang Garam. Yang mana adanya kemitraan ini diharapkan para petani tembakau mendapatkan kepastian harga, pendampingan dari perusahaan. Dari situ pemerintah berperan sebagai pengawas dalam kemitaan tersebut. Sedangakan solusi bagi para pembisnis yang gulug tikar, buruh maupun karyawan segeralah membuat kartu prakerja, pemerintah telah mengadakan program kartu prakerja tersebut. Pada intinya baik itu petani, pembisnis, dan yang lainnya harus tetap yakin bahwa ada jalan yang dapat mengantarkan kalian pada kesuksesan.

Politik

Sebelum adanya pandemi, kasus politik sudah ada, namun saat ini telah diperparah oleh adanya pandemic covid-19. Mulai dari penundaan pilkada hingga dengan perombakan kabinet. Ditambah lagi saat ini indonesia telah digegerkan dengan adanya undang-undang omnibus law. Arti dari omnibus law itu sendiri adalah sebuah aturan yang mengatur berbagai macam aspek yang digabung menjadi satu undang-undang yang mencakup/mengatur banyak hal.

Dari sini ada banyak sekali masyarakat terutama para buruh, pegawai dan yang lainnya tidak setuju adanya omnibus law. Karena menurut mereka dalam omnibus law ini sangat merugikan, yang mana mulai dari upah minimum dihapus hingga tidak adanya cuti haid dan nifas karena keguguran dan yang lain sebagainya. Sehingga tidak sedikit dari mereka melakukan demo.

Bahkan aksi demo tidak hanya dilakukan para buruh saja, namun para mahasiswa hingga pelajar ikut dalam aksi tersebut. Tidak sedikit dari mereka yang merasa dirugikan apalagi saat diadakannya demo banyak sekali hal-hal yang seharusnya tidak terjadi mulai dari penangkapan para pelajar hingga terjadi kematian bagi para pendemo. Mereka hanya ingin melakukan apa yang mereka anggap benar dana apa yang sudah menjadi hak mereka. Namun kerugian masih saja mereka dapatkan.

Jadi akitbat dari adanya pandemic covid-19 ini ada banyak sekali hal-hal yang seharusnya tidak terjadi baik dalam pendidikan ekonomi maupun politik. Kondisi ini bisa dikatakan sebagai isyarat tentang keseriusan pemerintah dalam upaya untuk menghindari adanya krisis. diharapkan dalam kondisi pandemic seperti ini kita semua sadar akan pentingnya arti hidup, tidak malah menyepelekan. Tetap patuhi protokol kesehatan, ingat jangan panik, jangan cemas, jangan takut namun tetap waspada.(*)

Komentar

Tinggalkan Balasan