HEADLINEPEMPROV BABEL

Pansus DPRD Babel Tindaklanjuti Temuan BPK

×

Pansus DPRD Babel Tindaklanjuti Temuan BPK

Sebarkan artikel ini

BANGKA TENGAH — Pansus Tindak Lanjut Laporan Hasil Pemeriksaan Badan Pemeriksa Keuangan Tahun Anggaran 2020, yang dikomandani Ir. Agung Setiawan dari Fraksi Nasdem, beserta anggota Pansus meninjau langsung pekerjaan Pemeliharaan Berkala Jalan Namang – Puput – Simpang Katis, Kabupaten Bangka Tenga, Senin (5/7).

Proyek ini sendiri menjadi salah satu temuan BPK yang dicatat dalam Laporan Hasil Pemeriksaan, dan telah dimuat dalam BAPF Nomor: 04/INT-PROV/12/2020. Diketahui ada sedikit kekurangan volume terpasang pada pekerjaan Laston.

Menurut Ketua Pansus, Ir. Agung Setiawan, bahwa kekurangan Laston atau lapis toleransi pada sebuah pengerjaan aspal hotmix adalah sesuatu yang wajar, dan tidak berpengaruh pada perencanaan jalan tersebut.

“Hasil temuan BPK tersebut sangat kecil, itu merupakan lapis toleransi, di setiap pengerjaan hotmix ada toleransi 1 – 2 milimeter. Jadi secara umum, pada suatu perencanaan jalan pengaruhnya tidak ada,” jelas Agung.

Lebih jauh dia menjelaskan, berdasarkan hasil peninjauan dilapangan, pengerjaan pemeliharaan jalan Namang – Puput dan Puput – Simpang Katis dengan nilai kontrak Rp. 2.475.699.00, secara kuantitatif sudah cukup baik. Dengan lebar existing jalan 4,5 meter dan panjang ruas jalan 16 km, serta bahu jalan dengan lebar 3 meter dari 2 meter yang direncanakan.

“Secara global kita lihat proyek pengerjaan pemeliharaan ruas jalan yang dilakukan oleh CV. Damar Sakti sudah cukup baik, dimana lebar ruas jalan dan bahu jalan yang sudah sesuai dengan ketentuan yang ada,” ujarnya.

Wakil Ketua Pansus, Ranto Sendhu, juga mengapresiasi Dinas PUPR Provinsi Bangka Belitung, terkait proyek pengerjaan pemeliharaan ruas Jalan Provinsi pada tahun 2020 tersebut.

“Kami dari Pansus mengatakan, proyek PUPR untuk tahun ini sudah sangat baik pengerjaannya, dibanding dengan tahun-tahun yang lalu,” ucapnya.

Politisi Demokrat ini juga menitipkan harapannya ke dinas PUPR Provinsi Babel, agar pengerjaan pemeliharaan ataupun pembangunan jalan kedepannya dapat lebih baik lagi dalam hal kualitasnya.

“Kedepan mari kita tingkatkan lagi kualitas pembangunan atau pemeliharaan jalan yang ada di Provinsi ini, dan memberikan kenyamanan masyarakat dalam berkendara,” harapnya. (*)

Editor : Romlan
Sumber: Humas DPRD Babel

READ  PT Timah Bantu Pembangunan Kantin di SDN 10 Sijuk