BANGKA BARATHEADLINE

Pasukan 45 Ditiadakan

×

Pasukan 45 Ditiadakan

Sebarkan artikel ini

BANGKA BARAT — Pandemi Covid – 19 yang sudah berjalan selama hampir dua tahun sangat mempengaruhi berbagai lini kehidupan, termasuk pada Upacara Pengibaran Bendera Pusaka Peringatan Hari Ulang Tahun Republik Indonesia ke – 76 di tahun 2021 ini.

Berbagai pembatasan dilakukan pada pelaksanaan upacara, dari jumlah peserta hingga tamu undangan yang hadir, tidak terkecuali pada Pasukan Pengibar Bendera Pusaka atau Paskibraka yang selalu menjadi pusat perhatian dalam setiap upacara HUT RI.

Ketua Pelatih Paskibraka, Kapten CBA Bawan Hari, Perwira Seksi Personalia di Kodim 0431 Bangka Barat mengatakan, pasukan 45 di tubuh pengibar bendera tahun ini ditiadakan. Yang dipakai hanya pasukan 17 dan 8 saja.

” Paskibraka itu kan sebetulnya terdiri dari pasukan 17, pasukan 8 dan pasukan 45. 17 itu 17 orang, 8 itu 8 orang dan 45-nya 45 orang. Tetapi karena pandemi ini pasukan 45 yang tadinya kita persiapkan TNI Polri, ini kami hanya mengadakan pasukan 17 dan 8 saja,” jelas Bawan Hari usai upacara, di Lapangan Atletik Kompleks Perkantoran Terpadu, Pemkab Bangka Barat, Selasa ( 17/8 ).

Dikatakan Bawan, anak asuhnya memulai latihan sejak tanggal 31 Juni sampai pada hari pengukuhan tanggal 16 Agustus 2021.

Pola pelatihan yang dilakukan pun dimasa pandemi ini berbeda dengan sebelum virus Covid – 19 melanda, dimana penerapan protokol kesehatan sangat diutamakan.

” Mereka ini dimulai dari proses seleksi, dari situ kita sudah menerapkan protokol kesehatan, baik saat mereka membuat laporan, pelaksanaan seleksi di tempat menginapnya, termasuk juga sampai dengan pelaksanaan pelatihan,” ujar Bawan.

Sebelumnya, seluruh anggota pasukan dipastikan tidak terpapar virus Corona terlebih dahulu, baru lah bisa memasuki tahap selanjutnya, seperti registrasi, administrasi dan dinyatakan bisa mengikuti latihan.

” Latihan juga mengedepankan protokol kesehatan sesuai dengan aturan yang sudah ditetapkan,” sambungnya.

Sebagai Ketua Pelatih, Bawan Hari merasa bersyukur anak asuhnya dapat menunaikan tugas mengibarkan bendera pusaka dengan baik, lancar tanpa kendala di hari bersejarah NKRI ini.

” Melihat hasil tadi adek – adek saya lihat melaksanakan pengibaran bendera pusaka dengan semangat, alhamdulilah tidak ada kendala dan Insya Allah penurunan nanti kita berdoa dan berharap tidak ada kendala dan berjalan lancar,” ucapnya. ( SK )