BANGKA SELATANHEADLINE

Pembangunan Lapas Secara Bertahap

×

Pembangunan Lapas Secara Bertahap

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN – Wakil Bupati Bangka Selatan, Debby Vita Dewi, menyambut baik kunjungan kerja Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Kepulauan Bangka Belitung, Harun Sulianto bersama rombongannya ke Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, Kamis (5/1/2023).

Kunjungan kerja ini, dalam rangka membahas beberapa hal di antaranya terkait rencana pembangunan Lembaga Pemasyarakatan, harmonisasi rancangan peraturan daerah dan rancangan peraturan kepala daerah.

Karena itu, dengan didampingi Asisten Perekonomian dan Pembangunan Muhson dan Kepala BPN Basel Agung, Kepala Kantor Wilayah Kemenkumham Babel Harun Sulianto bersama rombongannya meninjau lokasi pembangunan Lapas di Desa Bikang, Kecamatan Toboali.

“Tujuan utama kami berkunjung ke Pemkab Bangka Selatan ini untuk bersilaturahmi, karena saya baru beberapa hari menjabat sebagai Kakanwil Kemenkumham Babel,” kata Kepala Kanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto.

Selain itu, pihaknya mengucapkan terima kasih kepada Pemkab Basel atas pemberian lahan hibah berikut dengan sertifikatnya untuk pembangunan Lapas.

“Tugas-tugas Kanwil Kemenkumhan di Kabupaten Bangka Selatan ini meliputi harmonisasi rancangan peraturan daerah yang selama ini sudah berlangsung dan kita intensifkan, harmonisasi rancangan peraturan kepala daerah, memfasilitasi pendaftaran kekayaan intelektual seperti nanas bikang, terasi, tradisi-tradisi, ekspresi, budaya tradisional dan lain sebagainya,” jelas Harun.

Terkait dengan rencana pembangunan Lapas, lanjutnya, sedang dalam proses dan semoga segera dibangun secara bertahap. Mengingat anggaran untuk pembangunan tersebut memerlukan anggaran yang besar dari pusat.

“Untuk pembangunan lapas sekarang sedang dalam proses, harus bertahap tidak bisa satu tahun jadi karena pembangunan lapas ini memerlukan anggaran yang besar. Dana pembangunan ini dari pusat, begitu sertifikat kita terima kita akan langsung proses. Mudah-mudahan segera kita bangun secara bertahap,” ujarnya.

Sementara, Wakil Bupati Basel Debby Vita Dewi mengucapkan terima kasih atas kunjungan kerja Kakanwil Kemenkumham Babel ke Negeri Beribu Pesona.

“Atas nama Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan, kami mengucapkan terima kasih atas kedatangan dan silaturahmi Kakanwil Kemenkumham Babel Harun Sulianto bersama rombongan,” kata Bunda Debby, sapaan akrabnya Wabup Basel.

Dijelaskannya, bahwa selain silaturahmi tujuan Kakanwil Kemenkumham Babel berkunjung adalah untuk meninjau progres pembangunan Lapas di Desa Bikang.

“Meninjau bagaimana progres untuk pembangunan Lapas, dan kami juga membahas beberapa hal terkait rancangan peraturan daerah yang harus di harmonisasi dan juga membahas kekayaan intelektual yang harus didaftarkan,” tutur Debby.

Diberitakan sebelumnya, perjuangan Bupati Basel Riza Herdavid untuk membangun daerah yang dipimpinnya menjadi lebih baik patut diapresiasi. Hal ini, dibuktikan Riza bersama kabinetnya dengan didampingi Ketua DPRD Basel Erwin Asmadi melakukan kunjungan kerja ke Kantor Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia Republik Indonesia (Menkumham RI) Yosanna Hamonangan Laoly,. di Jakarta, Rabu (15/6/2022).

Kunjungan sekaligus audiensi ini berkaitan dengan proses hibah lahan yang berlokasi di Desa Bikang, Kecamatan Toboali seluas 5 hektare lebih untuk rencana pembangunan Lapas di Negeri Beribu Pesona, Kabupaten Bangka Selatan.

Menkumham RI Yosanna Hamonangan Laoly menyambut baik kedatangan Bupati Basel Riza Herdavid bersama Ketua DPRD Erwin Asmadi, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang, Perhubungan, Achmad Ansyori dan Kepala Badan Perencanaan Pembangunan, Penelitian dan Pengembangan Daerah, Herman.

Bahkan, dalam kesempatan tersebut Yosanna langsung menyambut positif pembangunan Lapas di Kabupaten Basel.

Sementara Bupati Basel Riza Herdavid berharap dukungan dan doa restu dari seluruh masyarakat, agar pembangunan Lapas segera terealisasi pada tahun 2023.

“Kami mohon doa restunya dan terima kasih kepada seluruh masyarakat Bangka Selatan, khususnya masyarakat yang berkenan menghibahkan lahan kepada pemerintah untuk pendirian Lapas seluas 5 hektare lebih ini. Semoga setelah proses hibah ini pembangunan Lapas segera dapat terealisasi secepatnya di tahun 2023. Harapan kami, semoga kabupaten yang kita cintai ini berhasil membangun Lapas sesuai dengan harapan, dan masyarakatnya semakin sejahtera,” ucap Riza.

Diketahui, bahwa pada 5 Juni 2021 lalu Riza bersama kabinetnya telah silaturahmi ke Menkumham RI Yosanna Hamonangan Laoly, dalam rangka untuk menyampaikan permohonan pembangunan Lapas di Desa Bikang, Kecamatan Toboali.

Selain itu, juga memaparkan tentang kondisi terkini Negeri Beribu Pesona yang terbentuk pada tahun 2003 secara definitif hasil dari pemekaran daerah.

Alhasil, silaturahmi perdana pada tahun 2021 itu disambut positif oleh Menkumham RI Yasonna Hamonangan Laoly atas keinginan Pemerintah Kabupaten Basel untuk pembangunan Lapas, dengan memberikan instruksi kepada Kakanwil Kemenkumham Babel Anas Saeful Anwar untuk segera berkoordinasi lebih lanjut dengan Direktur Lapas Kemenkumham. (Tom)


Sumber: babelhebat.com / cmnnews.id