Pemkab Bangka Terima Penyerahan Aset Solar Cell

HEADLINE148 Dilihat

Akan Dikelola Oleh Pihak Ketiga

H. Akhmad Mukhsin, SH
Penjabat Sekda Bangka

BANGKA — Belum lama ini Pemerintah Kabupaten Bangka menerima penyerahan hibah aset berupa Solar Cell atau Pembangkit Listrik Tenaga Surya dari pemerintah pusat, melalui Kementerian Energi dan Sumberdaya Mineral.

Penjabat Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka H. Akhmad Mukhsin mengatakan, PLTS dengan kapasitas 1 mega watt itu dibangun di Belinyu oleh oleh Kementerian ESDM, yang bersumber dari dana APBN Tahun Anggaran 2018 senilai 28 milyar rupiah.

“Kita menerima penyerahan asset berupa satu unit Solar Cell dari Kementerian ESDM. Solar Cell itu Pembangkit Listrik Tenaga Surya yang ada di Belinyu, dengan kapasitas 1 mega watt. Itu kita terima lengkap dengan bangunan dan peralatannya. Dari Kementerian ESDM menyerahkan asset itu untuk dikelola oleh Pemkab Bangka,” ungkap H. Akhmad Mukhsin di ruang kerjanya, Senin (13/05/2019) siang.

Dengan demikian, masih kata Penjabat Sekda Bangka itu, anggaran pemeliharaan dan perawatan Solar Cell atau PLTS itu akan dianggarkan melalui APBD Kabupaten Bangka.

“Iya, kelak akan dianggarkan untuk biaya pemeliharaan dan perawatannya,” imbuhnya.

Masih kata H. Akmad Mukhsin, untuk pengelolaan asset Solar Cell atau PLTS itu akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga dengan pola sharing profit, lantaran keterbatasan sumber daya manusia yang ada di Kabupaten Bangka.

“Dan kita ke depan ini, kalau pemerintah daerah yang mengelolanya, kita kan kekurangan sumber daya manusia, mungkin akan dikerjasamakan dengan pihak ketiga dengan pola sharing profit,” kata Dia.

Rapat pengelollan asset Solar Cell dari pemerintah pusat itu digelar di ruang kerja Sekretaris Daerah Kabupaten Bangka, dihadiri Dinas BPKAD diwakili Kepala Bidang Aset, Dinas Perhubungan, perwakilan Bappeda, Kabag ESDM, dan Kabag Keuangan dan Aset Sekretariat Daerah Kabupaten Bangka. (Red)

Tinggalkan Balasan