BANGKA SELATANHEADLINE

Pemkab Basel Siapkan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional

×

Pemkab Basel Siapkan Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Nasional

Sebarkan artikel ini

BANGKA SELATAN – Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan terus berupaya mengembangkan destisasi pariwisata, salah satunya pengembangan wisata wilayah pesisir dan pulau – pulau kecil. Hal ini akan diwujudkan setelah adanya kunjungan Kementrian Pariwisata ke Bupati Bangka Selatan belum lama ini.

Plt Kepala Dinas Pariwisata, Kebudayaan, Pemuda dan Olah Raga Kabupaten Bangka Selatan, Happy Nuranda menyampaikan kunjungan Kementrian Pariwisata melalui Direktur Manajemen Strategis Deputi Bidang Kebijakan Strategis Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Hassan Abud ke Bangka Selatan dengan penyusunan Integrated Tourism Master Plan Kepulauan Bangka Belitung.

“Jadi, Kementerian Pariwisata penyusunan ITMP Kepulauan Bangka Belitung dengan mendorong Pemerintah Kabupaten Bangka Selatan untuk mereaktifasi daerah tujuan wisata yang selama pandemi ini terdampak melalui Rencana Induk Destinasi Pariwisata Nasional,” ujar Happy Nuranda kepada Kabarbangka.com, Jumat (09/10/21).

Menurut dia, maksud dari penyusunan dokumen ITMP agar pemerintah, investor, kmunitas dan masyarakat yang luas serta para pihak terkait memiliki panduan dan pedoman yang terpadu dalam melakukan pembangunan dan pengembangan pariwisata di wilayah Kepulauan Bangka Belitung.

Tujuanya adalah melakukan idenfikasi dan pendalaman terkait peraturan, kebijakan pembangunan pariwisata dan berbagai terori kepariwisataan yang relawan dengan pembangunan dan pengembangan kepariwisataan di Kepulauan Bangka Belitung serta menyusun profil pilar pariwisata, melakukan berbagai analis untuk mengkaji secara dalam peraturan dan kebijakan perencanaan kepariwisataan tersebut.

“Diharapkan bisa menarik wisatawan dari Kabupaten Belitung selanjutnya masuk ke Pulau Bangka melalui Kabupaten Bangka Selatan. Karena jarak terdekat antara Pulau Belitung dan Pulau Bangka berada di Bangka Selatan,” tuturnya.

Happy menambahkan bahwa pantai di Negeri Junjung Besaoh merupakan pariwisata yang menjadi kebanggaan masyarakat di daerah tersebut. Ia mengungkapkan, bahwa Pemkab Bangka Selatan telah berupaya mempercantik kawasan ini dari waktu ke waktu.

“Ke depan pemerintah daerah berencana melakukan dan memperkuat daya tarik wisata sejarah dan budaya, namun wisatawan dan pengelola wisata tetap mematuhi protokol kesehatan untuk pencegahan penularan Covid-19,” katanya. (Yusuf)