oleh

Pemkab Bateng Gelar Workshop Birokrasi

BANGKA TENGAH — Pemerintah Kabupaten Bangka Tengah melalui Badan Kepegawaian dan Pengembangan Sumber Daya Manusia Daerah menggelar workshop birokrasi dan sosialisasi program pendidikan di Sekolah Tinggi Ekonomi Pertiba. Workshop ini digelar di gedung Diklat BKPSDMD Bangka Tengah, Jumat (05/08/2022), dengan peserta para Kasubbag Umum dan Kepegawaian OPD se-Bangka Tengah.

Mewakili Bupati Bangka Tengah, acara dibuka oleh Ahmad Syarifullah Nizam, Asisten Bidang Perekonomian dan Pembangunan Bangka Tengah. Mengusung tema Membumikan Budaya Kerja Menuju Birokrasi Profesional, Syarifullah mengatakan bahwa dalam era saat ini, birokrasi harus disiplin untuk mewujudkan kinerja sumber daya manusia yang bermanfaat bagi masyarakat, namun juga tetap harus memperhatikan berbagai tuntutan global yang sering kali perubahannya begitu cepat.

“Slogan Bangka Tengah Semakin Unggul harus disertai dengan sumber daya manusia yang lebih unggul juga, maka untuk mewujudkan slogan tersebut salah satunya dilaksanakan workshop birokrasi ini,” ujar Syarifullah.

Lebih lanjut Syarifullah mengatakan peningkatan profesionalisme ASN sudah tidak dapat ditawar lagi. Menurutnya tidak ada lagi toleransi terhadap ASN yang ‘asal kerja’ saja. Setiap ASN saat ini dituntut untuk memberikan kontribusi kinerja yang jelas dan terukur kepada organisasinya.

Sementara itu Dosen Pertiba, Dr. Panca Tuah Tuha, S.Si., M.M., selaku narasumber menjelaskan bahwa budaya kerja sangat mempengaruhi kualitas SDM di suatu pemerintahan. Oleh karena itu, penting bagi setiap Aparatur Sipil Negara untuk memahami core values ASN, yaitu berAKHLAK (Berorientasi Pelayanan, Akuntabel, Kompeten, Harmonis, Loyal, Adaptif, Kolaboratif) untuk mewujudkan birokrasi profesional dan peningkatan SDM.

Selain kegiatan workshop birokrasi, juga digelar sosialisai program pendidikan pada STIE Pertiba. Ketua STIE Pertiba, Dr. Wargianto, S.E., M.M. menyampaikan bahwa tidak menutup kemungkinan STIE Pertiba akan menggelar kegiatan perkuliahan program magister di Bangka Tengah apabila antusiasme peserta didik Bangka Tengah dan sekitarnya meningkat.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Kepala BKPSDMD Bangka Tengah, Sekretaris Dinas serta Kasubbag Umum dan Kepegawaian se-OPD Pemkab Bateng. (*)


Sumber: Diskominfosta Bangka Tengah